Silabus Asuhan Kebidanan Komunitas TEORI
MATA
KULIAH : ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS
KODE
MATA KULIAH : Bd. 306
BEBAN
STUDI : 4 SKS (T ; 2, P ; 2)
PENEMPATAN :
SEMESTER IV
A. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan
kemampuan kepada peserta didik untuk menghasilkan asuhan kebidanan komunitas dengan
memperhatikan aspek budaya yang berfocus pada upaya preventif, promotif,
deteksi dini dan rujukan serta berorientasi pada pemberdayaan masyarakat yang
didasari oleh pengetahuan, sikap dan keterampilan
B.STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN
Mampu
menghasilkan asuhan kebidanan secara efektif, aman dan holistic dengan
memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui,
bayi baru lahir, balita dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal
berdasarkan standar praktik kebidanan dan kode etik profesi.
C.STANDAR
KOMPETENSI
Mahasiswa
mampu mengevaluasi asuhan kebidanan komunitas sebagai dasar praktik kebidanan
`D.KOMPETENSI
DASAR
1.Menerapkan
konsep pelayanan kebidanan komunitas dan keluarga sebagai pusat pelayanan
2.Menganalisis
tugas dan tanggung jawab bidan di komunitas
3.Mengevaluasi
asuhan kebidanan komunitas
4.Mengevaluasi
program pemerintah yang berkaitan dengan KIA/KB di wilayah kerja
5.Memonitoring
dan evaluasi kegiatan pelayanan kebidanan komunitas
6.Mengevaluasi
pendokumentasian asuhan kebidanan di komunitas
E.MATERI
1. Konsep
pelayanan kebidanan komunitas dan keluarga sebagai pusat pelayanan
2.Tugas
dan tanggung jawab bidan di komunitas
3.Asuhan
kebidanan komunitas
4.Program
pemerintah yang berkaitan dengan KIA/KB di wilayah kerja
5.Monitoring
dan evaluasi kegiatan pelayanan kebidanan komunitas
6.Pendokumentasian
asuhan kebidanan di komunitas
F.METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Diskusi, Problem
Based Learning, Tutorial, Praktikum, Seminar , Roleplay, Bed side Teaching, Metode
Simulasi
G.PENILAIAN
Teori : 50 %
1.UTS : 20 %
2.UAS :
20 %
3.Penugasan: 10 %
Praktek :
50 %
1. Ujian Praktek : 30 %
2. Penugasan : 20 %
H.SUMBER KEPUSTAKAAN
Buku anjuran/utama
1. Runjati M, (2010), Asuhan
Kebidanan komunitas. EGC, Jakarta.
2. Meilani, M (2009), Kebidanan
Komunitas, Fitramaya, Yogyakarta
3. Prawiro Hardjo, S
(1997). Ilmu Kebidanan, YBPSP,UI Jakarta
4. Hamidah S, et al
(2009) Kebidanan Komunitas, EGC, Jakarta
5. Safrudin, (2009), Praktek
Kebidanan komunitas Dengan Pendekatan. EGC, Jakarta.
6. Safrudin, (2009), Praktek
Kebidanan komunitas. EGC, Jakarta.
7. Yulifah, (2009), Asuhan
Kebidanan komunitas. Salemba Medika, Jakarta.
8. Mufdilah , (2008), Konsep
kebidanan , Mitra Cendikia , Jakarta
9. Taylor W et al (2002),
Buku Ajar Praktek Kebi danan, EGC, Jakarta
10. Safrudin, A.B. dkk (2002), Buku
Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal Neonatal. YBPPSP, Jakarta.
11. Safrudin, A.B. dkk (2002), Buku
Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan. YBPPSP, Jakarta.
12. Departemen Kesehatan RI (2002). Pedoman
Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA),
Jakarta
13. Bernett, VR and Brown, LK (
1993). Milles Text Book for midwifery , Twelfth Edition . Churchill
Livingstone
RINCIAN
KEGIATAN
Minggu
ke
|
Pertemuan ke
|
Hari
dan Tgl
|
Waktu
(menit)
|
Materi Pokok
|
Metode
|
Pengajar
|
||
1
|
1-2
|
2 x 60 Menit
|
1.1 Konsep Kebidanan Komunitas
1.1.1 Pengertian Komunitas
dan Masyarakat
1.1.2 Sejarah Kebidanan
Komunitas
1.1.3 Tujuan Asuhan
Kebidanan Komunitas
1.1.4 Ruang lingkup dan
Jaringan Kerja Pelayanan bidan di Komunitas
a. Promotif
b. Preventif
c. Diagnosis Dini dan
Pertolongan Tepat Guna
d. Meminimalkan
Kecacatan
e. Rehabilitatif
f. Kemitraan
1.1.5 Sasaran Kebidanan
Komunitas
1.1.6 Prilaku Masyarakat
1.1.7 Pelayanan Kesehatan
Bermutu
|
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi
|
Tim
|
|||
2
|
3-6
|
2 x 60 Menit
|
1.2 MDGS 2015 Sebagai Landasan
Berpikir pelayanan Kebidanan Komunitas
1.2.1 Riwayat MDGS 2015
1.2.2 Tujuan MDGS 2015
1.2.3 Strategi Akselarasi/Pencapaian
Target MDGS 2015
1.3 Peran Serta Masyarakat
1.3.1 Pengertian Peran
Serta Masyarakat
1.3.2 Dasar Filosofi Peran
Serta Masyarakat
1.3.3 Pendekatan Peran
Serta Masyarakat
1.3.4 Elemen-elemen Peran
Serta Masyarakat
1.3.5 Metode Peran Serta
Masyarakat
1.3.6 Bentuk-bentuk Peran
Serta Masyarakat
1.3.7 Faktor-faktor Peran
Serta Masyarakat
|
Diskusi
Tanya Jawab
Problem Based
Learning
|
Tim
|
|||
3
|
7-10
|
2 x 60 Menit
|
1.3.8 Keuntungan Peran
Serta Masyarakat
1.3.9 Pembinaan Peran
Serta Masyarakat
a. Dukun Bayi
b. Kader Kesehatan
1.3.10 Upaya-upaya dalam pembinaan
Peran Serta Masyarakat
1.3.11 Pengaturan Bantuan Biaya bagi
Masyarakat tidak mampu
1.3.12 Dana Sehat
1.3.13 Donor Darah Berjalan
1.3.14 Gerakan Sayang Ibu (GSI)
1.3.15 Forum Masyarakat Desa
1.3.16 Usaha Kesehatan Berbasis
Masyarakat
1.3.17 Sistem Siaga (Suami Siaga,
Bidan Siaga Dan Desa Siaga )
1.3.18 Pengembangan Program Pemerintah
(Posyandu, Polindes, KB – KIA, Dasa Wisma, Tabulin,
Donor darah berjalan)
|
Diskusi
Tanya Jawab
Problem Based
Learning
|
Tim
|
|||
4
|
11
|
2 x 60 Menit
|
2.1 Peran, Tugas,
Tanggung Jawab dan Fungsi Bidan dalam Asuhan Kebidanan Komunitas
2.1.1 Peran, Tugas,
Tanggung Jawab dan Fungsi Bidan dalam Asuhan Kebidanan Komunitas serta
Kegiatan Bidan di Komunitas
2.2.2 Bidan Praktik
Swasta
|
Ceramah
Tanya
Jawab
Diskusi
seminar
|
Tim
|
|||
5
|
12
|
2 x 60 Menit
|
2.2 Tanggung Jawab
Bidan sesuai dengan Kompetensi Bidan Indonesia Berkaitan Dengan Asuhan di
Komunitas
2.2.1 Kepmenkes
NOMOR 369/MENKES/SK/III/2007 TENTANG STANDART PROFESI BIDAN, Kompetensi ke 8
2.2.2 Standart
Kompetensi lulusan ke 5
|
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi
|
Tim
|
|||
6
|
13
|
2 x 60 Menit
|
2.3 Aspek
Perlindungan Hukum bagi Bidan di Komunitas
2.3.1 Undang-undang dan
Peraturan Pemerintah
2.3.2 Standart Praktik Bidan
2.3.3 Kode Etik Profesi Bidan
2.3.4 Registrasi Praktik Bidan
2.3.5 Keputusan Menteri
Kesehatan Yang dikeluarkan tahun 2007
|
Ceramah
Problem Based
Learning
Diskusi
|
Tim
|
|||
7
|
14-15
|
2 x 60 Menit
|
Manajerial
Asuhan Kebidanan Di Komunitas Baik Di Rumah, Posyandu Dan Polindes .
3.1 Asuhan
Antenatal
3.1.1 Manajemen ibu
antenatal
3.1.2 Standar asuhan
kebidanan
3.1.3 Standar alat
3.2 Asuhan Intra Natal
3.2.1 Standar pelayanan
kebidanan
3.2.2 Persiapan bidan
3.2.3 Persiapan rumah dan
lingkungan
3.2.4 Persiapan alat/bidan
kit
3.2.5 Persiapan ibu dan
keluarga
3.2.6 Manajemen ibu
intranatal
|
Diskusi
Seminar
|
Tim
|
|||
8
|
16
|
2 x 60 Menit
|
3.3 Asuhan Ibu Post
partum dirumah
3.3.1
Jadwal
kunjungan di rumah
3.3.2
Manajemen
ibu post partum
3.3.3
Post
partum group
3.4 Asuhan Bayi Baru
Lahir dan Neonatus
3.4.1
Jadwal
kunjungan di rumah
3.4.2
Manajemen
Pada Bayi Baru lahir dan Neonatus
|
Diskusi
Seminar
Tanya Jawab
|
Tim
|
|||
9
|
UJIAN MID SEMESTER
|
|||||||
10
|
17-18
|
2 x 60 Menit
|
3.5 Pelayanan Kesehatan
Bayi dan Balita
3.5.1
Perawatan
Kesehatan Bayi
3.5.2
Perawatan
Kesehatan Anak Balita
3.5.3
Pemantauan
Tumbuh Kembang bayi dan balita
3.5.4
Deteksi
Dini masa Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi baru lahir, bayi dan balita
3.5.5
Imunisasi
|
Problem Based
Learning
Ceramah
Tanya Jawab
|
Tim
|
|||
11
|
19
|
2 x 60 Menit
|
3.6 Pertolongan Pertama
Kegawatdaruratan Obstetrik dan Neonatus (PPGDON) di Komunitas
|
Diskusi
Tanya Jawab
|
Tim
|
|||
12
|
20
|
2 x 60 Menit
|
3.7 Pelayanan
Kontrasepsi dan Rujukan
3.8 Sistem Rujukan
3.8.1
Tujuan
3.8.2
Jenis
3.8.3
Jenjang
Tingkat Tempat Rujukan
3.8.4
Jalur
Rujukan
3.8.5
Mekanisme
Rujukan
|
Diskusi
Ceramah
Problem Based
Learning
|
Tim
|
|||
13
|
21-25
|
2 x 60 Menit
|
4.1 PWS KIA
4.1.1 Prinsip
4.1.2 Batasan dan
Indikator Pemantauan
4.1.3 Pengumpulan,
Pencatatan dan pengolahan data dan PWS
a. Data dasar
b. Data lainnya
c. Data sasaran
4.1.4 Analisis, Penelusuran
Data Kohort dan Perencanaan Tindak Lanjut
4.1.5 Pelembagaan PWS KIA
4.1.6 Pelaksanaan dan
Pelaporan PWS KIA
|
Ceramah
Problem Based
Learning
Tutorial
|
Tim
|
|||
14
|
26-28
|
2 x 60 Menit
|
4.2 PEMBINAAN KADER
4.2.1 Pemberitahuan ibu hamil
untuk SALIN di NAKES (promosi bidan SIAGA)
4.2.2 Pengenalan tanda bahaya
kehamilan, persalinan dan nifas serta rujukannya
4.2.3 Penyuluhan gizi dan KB
4.2.4 Pencatatan kelahiran
dan kematian ibu/bayi
4.2.5 Promosi TABULIN, donor
darah berajalan dan ambulance desa, suami SIAGA, berperan aktif dalam
kegiatan SATGAS GSI
4.3 PEMBINAAN DUKUN
BAYI
4.2.1
Tujuan
Pembinaan
4.2.2
Peran
Dukun Bayi
a. Dalam Pengenalan
Tanda Bahaya Kehamilan, Persalinan, BBL, Nifas dan Rujukan
b. Penyuluhan
Imunisasi, ASI, gizi, Personal Hygiene dan KB
c. Pencatatan dan
Pelaporan kelahiran dan kematian bayi/ibu
|
Diskusi
Tanya Jawab
|
Tim
|
|||
15
|
29
|
2 x 60 Menit
|
4.4 PELAYANAN KESEHATAN
PADA WANITA SEPANJANG DAUR KEHIDUPANNYA
4.4.1 Skrining
4.4.2 Deteksi dini
4.5 MANAJEMEN TERPADU
BALITA SAKIT (MTBS)
|
Diskusi
Tanya Jawab
|
Tim
|
|||
16
|
30-32
|
2 x 60 Menit
|
KOHORT IBU DAN BALITA
5.1 Kohort Ibu
5.2 Kohort Balita
PENDOKUMENTASIAN
6.1 Pencatatan dan
Pelaporan (Flow Sheet dan Check List, Dokumentasi)
6.2 Pengelolaan
Pencatatan dan Pelaporan
|
Diskusi
Ceramah
Tanya jawab
Problem Based
Learning
|
Tim
|
|||
17
|
UJIAN
SEMESTER
|
|||||||