Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL KONSELING DAN JAWABAN

 SOAL KONSELING DAN JAWABAN

1. Komunikasi adalah .....
a. Proses yang mengandung informasi setelah konselor memperoleh data keadaan dan kebutuhan klien
b. Proses interaksi antara manusia untuk saling mengenal dan bertukar cerita
c. Proses pertukaran informasi gagasan dan perasaan
d. A dan B benar
e. A dan C benar

2. Unsur-unsur komunikasi dibawah ini, kecuali .....
a. Komunikator
b. Pesan
c. Saluran komunikasi atau media
d. Umpan balik
e. Masalah

3. Komunikator adalah .....
a. Orang yang mau berkomunikasi dengan orang lain, disebut juga pembawa berita/pengirim pesan/sumber berita
b. Tempat berbagi cerita dan penentu permasalahan
c. Tempat menuangkan masalah dan menyelesaikan masalah
d. Orang yang melayani seseorang untuk menuangkan cerita dan menyelesaikan masalah
4. Jenis-jenis komunikasi ada 2, yaitu .....

a. Komunikasi verbal, dan komunikasi non verbal
b. Komunikasi langsung dan tidak langsung
c. Komunikasi baik dan buruk
d. Komunikasi tanya dan jawab
e. Komunikasi verbal dan kolom

5. Pesan adalah (message) .....
a. Informasi yang disampaikan melalui perantara
b. Sebuah informasi yang disampaikan tanpa tatap muka
c. Sebuah informasi yang disampaikan mealaui perantara
d. Disampaikan atau dibawa melalui suatu media atau saluran baik secara langsung maupun tidak langsung
e. Disampaikan melalaui media secara tidak langsung

6. Menurut Aristoteles model komunikasi memiliki 3 unsur, yaitu .....
a. Sumber, pesan, media
b. Pembicara, apa yang dibicarakan, dan penerima
c. Berita, bahan, audiens
d. Makalah, audiens, jurnal
e. Makalah,skripsi, tesis

7. Menurut David K. Berlo model komunikasi memiliki 4 unsur, yaitu .....
a. Pembicara, pesan, media, audiens
b. Penerima pesan,media, pesan, sumber
c. Sumber, pesan, pembicara, media, penerima pesan
d. Penerima pesan, media, sumber, audiens
e. Sumber, informasi, audiens

8. Faktor yang mempengaruhi komunikasi .....
a. Perkembangan, persepsi, media
b. Perkembangan, persepsi, nilai, dan latar belakang sosial budaya
c. Penerima pesan,media, pesan, sumber
d. Sumber, pesan, pembicara, media, penerima pesan
e. Penerima pesan, media, sumber, audiens

9. Bentuk komunikasi, dibawah ini, kecuali .....
a. Interpersonal communication (face to face communication)
b. Intrapersonal communication
c. Pesan (massage)
d. Mass communication (komunikasi massal)
e. Media

10. Komunikasi efektif adalah .....
a. Bertemunya 2 orang berbagi informasi
b. Lengkapnya media penyampai pesan
c. Tersamapainya pesan
d. Tersampainya pesan, karenanya saling bertatap muka dan adanya media
e. Tersampaikannya gagasan, pesan dan perasaan dengan cara yang baik dalam kontak sosial yang baik pula

11. Hukum komunikatif dibawah ini, kecuali .....
a. Respect
b. Emphaty
c. Audible
d. Clarity
e. Proses

12. Teknik komunikasi efektif, antara lain .....
a. Face to face
b. Memusatkan perhatian
c. Respect
d. Clarity
e. Perkembangan, persepsi, nilai, dan latar belakang sosial budaya

13. Menurut Stewart L Tubbs dan Sylvia Moss komunikasi efektik menimbulkan 5 hal yaitu .....
a. Pengertian, kesenangan, pengaruh pada sikap, hubungan yang maikn baik, dan tindakan
b. Saling kenal, berbagi informasi, tindakan, lebih akrab, dan saudara
c. Pengertian, saling kenal, bertukar informasi, hubungan yang makin baik, dan saudara
d. Bertukar informasi, memecahkan maslah, berkunjung ulang, makin akrab, dan tindakan
e. Pengertian, kesenangan, pengaruh pada sikap, hubungan yang maikn baik, dan saudara

14. Pengertian hubungan manusia adalah .....
a. Hubungan makhluk cipataan tuhan
b. Hubungan individu, kelompok, dan masyarakat
c. Menemukan, mengidentifikasi masalah, dan membahasnya mencari pemecahan
d. Hubungan sosial
e. Mencari masalah, meneliti, dan memecahkan masalah

15. Tujuan hubungan antar manusia adalah .....
a. Saling berkomunikasi
b. Hubungan sosial
c. Memanfaatkan pengetahuan tentang faktor sosial dan psikologis dalam penyesuaian diri manusia
d. Simbiosis multualisme
e. Saling menguntungkan

16. Hal yang dapat menumbuhkan hubungan interpersonal ( hubungan antar manusia) dibawah ini, kecuali .....
a. Trust
b. Saling bercerita
c. Sikap suportif
d. Open
e. Close

17. Teori yang dapat membantu menerangkan model dan kualitas hubungan antar manusia yaitu,
kecuali .....
a. Teori transaksional
b. Teori peran
c. Teori permainan
d. Teori simbiosis mutualisme
e. Model pertukaran  sosial

18. Pandangan dan perasaan kita tenang diri kita adalah pengertian dari .....
a. Konsep diri
b. Konsep mandiri
c. Konsep dasar konseling
d. Konsep konselor
e. Konsep

19. Konsep Johari Window yaitu, kecuali .....
a. Diri terbuka
b. Diri tertutup
c. Diri buta
d. Diri tersembunyi
e. Diri gelap

20. Komunikasi interpersonal adalah .....
a. Pertukaran informasi, perasaan atau pemikiran antar individu secara face to face, verbal dan non verbal
b. Komunikasi yang dilakukan faca to face untuk memecahkan  masalah
c. Pertukaran informasi yang mengandung unsur masalah
d. Komunikasi saling menguntungkan
e. Komunikasi kelompok secara langsung memecahkan masalah

21. Proses komunikasi interpersoanal adalah .....
a. Proses face to face dalam memecahkan masalah klien
b. proses dua arah lingkaran interaktif dimana saling bertukar pesan secara verbal dan non verbal.
c. Pertukaran informasi, perasaan atau pemikiran antar individu secara face to face, verbal dan non verbal
d. Komunikasi kelompok secara langsung memecahkan masalah
e. Memanfaatkan pengetahuan tentang faktor sosial dan psikologis dalam penyesuaian diri manusia

22. Manfaat konseling adalah .....
a. Membantu klien dalam meningkatkan pemahaman tentang masalahnya
b. Konselor dipercayai menentukan pemecahan masalah klien
c. Klien dan konselor memecahkan masalah tanpa masalah
d. Meningkatkan, merumuskan, memecahkan, dan memiliki pengalaman pemecahan masalah secara mandiri.
e. Menambah pengetahuan, memecahkan masalh yang tengah dihadapi klien

23. Faktor-faktor penghambat KIP/K dibawah ini, kecuali .....
a. Faktor individual
b. Faktor situasional
c. Faktor lingkungan
d. Kompetensi melakukan percakapan
e. Faktor interaksi

24. Pemahaman diri bertujuan .....
a. Untuk mengetahui dan mengenal siapa diri kita
b. Untuk mengetahui kesalahan
c. Untuk mengetahui jati diri
d. Untuk mengetahui maslah diri
e. Untuk dapat mengatasi masalah yang dihadapi

25. Dalam melaksanakan tugasnya konselor dipengaruhi oleh .....
a. Pintar, berwawasan, dan pengalamam
b. Ijazah, mempunyai temapt, dan berpengalaman
c. Profesional, wanita, dan berpengalaman
d. Tempat, media, dan kemampuan berbicara
e. Aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif

26. Menurut C. L Et Al keterampilan observasi adalah .....
a. Tingkah laku baik dan menyenangkan
b. Tingkah laku menghargai dan sportif
c. Tingkah laku verbal dan non verbal
d. Perbendaharaan kata
e. Sentuh

27. Salah satu dibawah ini cara membuat klien merasa aman setelah membuka informasi pribadinya
adalah .....
a. Mengakhiri pembicaraan secara halus
b. Meyakinkan pasien rahasia tetap terjaga
c. Membuat dinding kedap suara
d. Melakukan hipnotherapi agar pasien tak sungkan
e. Memberi minum klien saat menangis

28. Dalam KIP/K terdapat 4 bentuk mendengarkan yaitu, kecuali .....
a. Mendengar pasif (diam)
b. Mendengarkan dan mencatat
c. Mengajukan pertanyaan
d. Mendengar aktif
e. Memberi tanda perhatian verbal dan non verbal

29. Macam-macam koseling dalam asuhan kebidanan dibawah ini, kecuali .....
a. Konseling pada anak
b. Konseling pada remaja
c. Konseling perokok
d. Konseling ibu hamil
e. Konseling persalinan

30. Konseling pada masa remaja bertujuan untuk .....
a. Agar remaja tidak terjerumus kedalam hal yang tidak baik
b. Agar remaja terlindungi dari narkoba dan sex bebas
c. Agar remaja menjadi penerus bangsa
d. Memberikan informasi tentang bahayanya narkoba dan sex bebas
e. Memberikan pemahaman dan upaya penyesuaian diri terhadap perubahan fisik dan emosi yg terjadi pada usia remaja

31. Ibu hami datang ke klinik dengan kehamilan 3 bulan mengeluh mual muntah konseling yang diberikan adalah ....
a. Menganjurkan ibu untuk makan beberapa keping biskuit sebelum bangun tidur
b. Menganjurkan ibu untuk memblender semua asupan makan
c. Menganjurkan ibu makn bakso
d. Menganjurkan ibu makan nasi putih tanpa lauk
e. Menganjurkan ibu tidak memakan ikan

32. Ibu hamil datang ke rumah bersalin dengan kehamilan 5 bulan mengeluh edema pada mata kaki konseling yang dapat diberikan adalah .....
a. Menganjurkan ibu duduk saja
b. Menganjurkan ibu tidur cantik
c. Menganjurkan ibu meninggikan kaki dan jangan berdiri terlalu lama
d. Menganjurkan ibu merendamkan kaki
e. Menganjurka ibu untuk gompres kaki

33. Ibu hamil datang ke rumah bersalin dengan kehamilan 5 bulan mengeluh hemeroid (ambeyen) pada mata kaki konseling yang dapat diberikan adalah .....
a. Menganjurkan ibu untuk tidur
b. Menganjurkan ibu mengonsumsi sayur dan buah supaya tidak terjadi konstipasi
c. Menganjurkan ibu sujud
d. Menganjurkan ibu istirahat
e. Menganjurkan ibu duduk

34. Ibu datang ingin KB apa yang harus dilakukan bidan sebagai konselor adalah .....
a. Menganjurkan ibu mengikuti pilihan bidan karena bidan lebih tahu tentang KB
b. Mengambil KB sesuai ketersediaan klinik
c. Menganjurkan ibu untuk KB implan
d. Menganjurkan ibu untuk memakai KB suntik agar ibu sering berkunjung ke klinik
e. Memberi informasi tentang KB, dan bidan menyerahkan keputusan kepada ibu untuk menentukan KB pilihannya

35. Strategi membuat keputusan dibawah ini, kecuali .....
a. Membantu klien menyusun rencana kerja
b. Membantu klien mengevaluasi pilihan
c. Membantu klien meninjau kemungkinan pilihannya
d. Membantu klien merumuskan keputusan
e. Membantu klien dalam mempertimbangkan keputusan pilihan

36. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan dibawah ini, kecuali .....
a. Fisik
b. pengetahuan
c. Emosional
d. Rasional
e. Interpersonal

37. Tipe pengambilan keputusan dibawah ini, kecuali .....
a. Tidak berbuat apa-apa
b. Intuitif
c. Memutuskan masalah
d. Terpaksa
e. Reaktif

38. Pemberian informasi efektif dilakukan dibawah ini, kecuali .....
a. Face to face
b. Informasi yang diberikan spesifik
c. Informasi disesuaikan dengan situasi klien
d. Tepat dan singkat
e. Mengunakan alat bantu visual

39. 3 K dalam pembuatan keputusan yang baik dibawah ini, kecuali .....
a. Identifikasi kondisi
b. Susunlah daftar kondisi
c. Membuat daftar konsekuensinya
d. Pengambil keputusan
e. Membuat rasa ketenangan

40. Upaya mengatasi saat sulit dalam penerapan KIP/K dibawah ini kecuali .....
a. Diam
b. Klien menangis
c. Klien buang angin
d. Konselor melakukan kesalahan
e. Konselor tidak tahu jawab pertanyaan klien

41. Diam dalam konseling mempunyai banyak makna diantaranya dibawah ini, kecuali .....
a. Penolakan atau kebingungan klien
b. Klien dan konselor telah mencapai akhir suatu ide
c. Kebingungan karena kecemasan atau kebencian
d. Klien sakit dan tidak siap untuk berbicara
e. Klien ingin meluapkan emosinya

42. Untuk memahami penyebab diam dari klien yg harus dilakukan konselor dibawah ini, kecuali .....
a. Konselor membuka percakapan bila terjadi awal pertemuan
b. Konselor memperhatikan konteks pembicaraan bila terjadi di pertengahan pertemuan
c. Konselor tidak berusaha memecahkan kesunyian bila klien sedang berfikir
d. Konselor memperhatikan sikap tubuh yang menunjukkan perhatian
e. Konselor membuat lawak

43. Jika konselor tidak dapat memecahkan masalah klien yang dilakukan konselor adalah .....
a. Konselor akan menyediakan waktu untuk klien, membantu menghadapi saat-saat sulit
b. Bersikap jujur, menghargai klien, dan meminta maaf
c. Menghargai konselor sehinggan jenis kelamin tidak menghalangi konselor dan klien dalam memecahkan masalah
d. Memberitahu klien bahwa waktu klien terbatas
e. Meyakinkan klien bahwa rahasia tetap terjaga

44. Jika konselor melakukan kesalahan yang harus dilakukan konselor adalah .....
a. Konselor akan menyediakan waktu untuk klien, membantu menghadapi saat-saat sulit
b. Bersikap jujur, menghargai klien, dan meminta maaf
c. Menghargai konselor sehinggan jenis kelamin tidak menghalangi konselor dan klien dalam memecahkan masalah
d. Memberitahu klien bahwa waktu klien terbatas
e. Meyakinkan klien bahwa rahasia tetap terjaga

45.  Jika konselor tidak tahu jawaban dari pertanyaan konselor, yang harus dilakukan konselor
 adalah .....
a. Konselor akan menyediakan waktu untuk klien, membantu menghadapi saat-saat sulit
b. Bersikap jujur, menghargai klien, dan meminta maaf
c. Menghargai konselor sehinggan jenis kelamin tidak menghalangi konselor dan klien dalam memecahkan masalah
d. konselor akan mencari informasi tersebut untuk membantu klien
e. Meyakinkan klien bahwa rahasia tetap terjaga

46. Jika klien menolak bantuan konselor, yang harus dilakukan konselor adalah .....
a. Konselor akan menyediakan waktu untuk klien, membantu menghadapi saat-saat sulit
b. Bersikap jujur, menghargai klien, dan meminta maaf
c. Menekankan pada klien berkenalan dengan konselor karena dia sudah datang
d. Menghargai konselor sehinggan jenis kelamin tidak menghalangi konselor dan klien dalam memecahkan masalah
e. Memberitahu klien bahwa waktu klien terbatas

47. Jika klien tidak nyaman karena perbedaan jenis kelamin yang harus dilakukan konselor adalah .....
a. Menghargai klien sehinggan jenis kelamin tidak menghalangi konselor dan klien dalam memecahkan masalah
b. Konselor akan menyediakan waktu untuk klien, membantu menghadapi saat-saat sulit
c. Bersikap jujur, menghargai klien, dan meminta maaf
d. Menekankan pada klien berkenalan dengan konselor karena dia sudah datang
e. Meyakinkan klien rahasia tetap terjaga

48. Klien kepo atau bertanya hal pribadi konselor yang harus dilakukan konselor adalah .....
a. Memberitahu kepada klien bahwa hubungan klien dan konselor adalah hubungan profesional
b. Menghargai klien sehinggan jenis kelamin tidak menghalangi konselor dan klien dalam memecahkan masalah
c. Konselor akan menyediakan waktu untuk klien, membantu menghadapi saat-saat sulit
d. Bersikap jujur, menghargai klien, dan meminta maaf
e. Menekankan pada klien berkenalan dengan konselor karena dia sudah datang

49. Jika klien mempermalukan konselor pada suatu topik yang harus dilakukan konselor adalah .....
a. Menghargai klien sehinggan jenis kelamin tidak menghalangi konselor dan klien dalam memecahkan masalah
b. Konselor bersikap tegas dan jujur jika topik itu tidak disukai oleh konselor
c. Memberitahu kepada klien bahwa hubungan klien dan konselor adalah hubungan profesional
d. Konselor akan menyediakan waktu untuk klien, membantu menghadapi saat-saat sulit
e. Bersikap jujur, menghargai klien, dan meminta maaf

50. Tujuan konseling dibawah ini, kecuali .....
a. Membantu klien memecahkan masalah, meningkatkan keefektifan
b. Membantu pemenuhan kebutuhan
c. Mengubah sikap dari yang negatif ke positif
d. Membantu klien mendapatkan informasi tentang masalahnya
e. Membuat keputusan dari konselor

51. Dasar fungsi konseling mencakup 4 fungsi dibawah ini, kecuali .....
a. Fungsi pencegahan
b. Fungsi keakraban
c. Fungsi penyesuaian
d. Fungsi perbaikan
e. Fungsi pengembangan

52. Hasil konseling yang dilakukan bidan diharapkan klien dapat dibawah ini kecuali .....
a. Peningkatan kemampuan
b. Klien memiliki pengalaman
c. Klien memiliki rasa PD
d. Klien tambah dewasa
e. munculnya kemandirian

53. Prinsip dasar keterampilan konseling dibawah ini, kecuali ......
a. Pengajaran
b. Nasehat & bimbingan
c. Pengetahuan
d. Pengambilan tindakan langsung
e. Pengelolaan

54. Teknik konseling dibawah ini, kecuali ......
a. Teknik in directive
b. Teknik wawancara
c. Teknik non directive
d. Teknik edetic
e. Teknik tepat

55. pendekatan holistik adalah .....
a. Pendekatan pasien dan bidan
b. Pendekatan yang ersifat menyeluruh terhadap individu dalm kontak biopsikososial
c. Pendekatan timbal balik
d. Pendekatan klien dengan konselor
e. Pendekatan adiktif

56. keterampilan dasar konseling adalah .....
a. Keterampilan dasar menyimak
b. Menunjukkan perhatian
c. Posture
d. Gesture
e. Verbal behavior

57. Menunjukkan perhatian dibawah ini kecuali .....
a. Keterampilan dasar menyimak
b. Menunjukkan perhatian
c. Posture
d. Gesture
e. Verbal behavior

58. Tujuan clarifying adalah .....
a. Menyimpan rahasia klien
b. Memperjelas bahan berita yang disampaikan oleh klien
c. Memecahkan masalah klien
d. Membantu klien mengatasi masalahnya
e. Menghargai klien

59. Memparafrasekan adalah .....
a. Memecahkan masalah klien
b. Membantu memecahkan masalah klien
c. Menguji apakah pemahaman konselor benar
d. Meyakinkan klien rahasia tetap terjaga
e. Menghargai klien

60. Hal penting dalam konseling ada tiga kualitas manusia dibawah ini, kecuali .....
a. Empati
b. Apa adanya
c. Menerima
d. Genuineness
e. Simpati











Kunci Jawaban

1 d 11 e 21 b 31 a
2 e 12 b 22 d 32 c
3 a 13 a 23 c 33 b
4 a 14 c 24 a 34 e
5 d 15 c 25 e 35 d
6 b 16 d 26 c 36 b
7 c 17 e 27 a 37 c
8 b 18 a 28 b 38 a
9 c 19 b 29 c 39 e
10 e 20 a 30 e 40 c

41 e 51 b
42 e 52 d
43 a 53 c
44 b 54 a
45 d 55 b
46 c 56 a
47 a 57 a
48 a 58 b
49 b 59 c
50 e 60 e












1 comment for "SOAL KONSELING DAN JAWABAN"

  1. Punya Gadget Keren tapi gak bisa hasilin keuntungan ?
    Klik disini https://bit.ly/2FawRwK untuk tips berpenghasilan Jutaan Perhari.
    WhatApp : +62 812-6240-0720

    ReplyDelete