Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus Askeb Neotanus TEORI


1. IDENTITAS MATA KULIAH
Nama Mata Kuliah : Askeb Neonatus, Bayi, Balita dan Anak
Pra Sekolah
Kode : Bd. 304
Beban/Jumlah SKS : 5 SKS (T:3, P:2)
Penempatan : Semester III
Prasyarat : Bd. 201, 203, 401, 204
2. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk menghasilkan asuhan pada neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah yang didasari oleh pengetahuan, sikap dan keterampilan.
3. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Mampu berprilaku profesional, beretika dan bermoral serta tanggap terhadap nilai budaya dalam memberikan asuhan kebidanan secara efektif, aman dan holistik dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan kesehatan reproduksi serta mengelola kewirausahaan dalam pelayanan kebidanan berdasarkan standar praktek kebidanan dan kode etik profesi.
4. KOMPETENSI DASAR
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa mampu
1. Menerapkan konsep tumbuh kembang bayi, balita dan anak pra sekolah
2. Menganalisis konsep dasar asuhan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah
3. Menganalisis penyulit dan komplikasi neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah
4. Menghasilkan asuhan pada neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah
5. Menyusun pendokumentasian asuhan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah
5. EVALUASI
Penilaian dilakukan dalam bentuk :

Teori
-          Ujian tulis/UTS : 40 %
-          Ujian tulis/UAS : 60 %
100 %
Praktek :
-          Penugasan : 30 %
-          Praktikum : 70 %
100 %

Nilai akhir : (Nilai Teori + Nilai Praktek)
2


6. SUMBER KEPUSTAKAAN

BU 1 : Myles, Diane M Fraser, Buku Ajar Bidan Edisi 14, 2009, EGC, Jakarta
BU 2 : Mayes Midwifery, A Taxtbook for Midwives Twelfth Edition, 2007, Bailliere Tindal,
London
BU 3 : Saifuddin, Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal, 2006,
YBPSP, Jakarta
BU 4 : Andhini dan Proverawati, Imunisasi dan Vaksinasi, 2010, Nuha Obset, Yogyakarta
BU 5 : Helen Varney Volume 2, Buku Ajar Asuhan Kebidanan, 2008, EGC, Jakarta
BA 1 : Depkes RI, Asuhan Persalinan Normal, 2004, JNPKR, Jakarta
BA 2 : Lia Dewi, Vivian Nani, Asuhan Neonatus Bayi dan Anak Balita, 2010, Salemba Medika,
Jakarta
BA 3 : Maryunani, Nurhayati, Buku Saku Asuhan Bayi Baru Lahir Normal (Asuhan Neonatal),
2008, Trans Info Medika, Jakarta
BA 4 : Maryunani, Nurhayati, Asuhan Kegawatdaruratan dan Penyulit pada Neonatus, 2009,
Trans Infomedika, Jakarta
BA 5 : Muslihatun, Wafi Nur, Asuhan Neonatus Bayi dan Balita, 2010, Fitramaya, Yogyakarta
BA 6 : Muslihatun, Mufdlillah, Setiawati, Dokumentasi Kebidanan, 2009, Citra Maya,
Yogyakarta
BA 7 : Miriam Soppard, Complete Baby and Child Care, 1995, Dorling Kindersley Book, New
York
BA 8 : Sudarti, Kelainan dan Penyakit pada Bayi dan Anak, 2010, Nuha Medika, Yogyakarta
BA 9 : Sukamti, Puji Hastuti, Aticeh, Bahan Ajar Pemeriksaan Fisik pada Bayi dan Anak, Trans
Info Media, Jakarta
BA 10 : Soetidjoningsih, Tumbuh Kembang Anak, 1995, EGC, Jakarta


7. JADWAL KEGIATAN PEMBELAJARAN



Pert Ke
Hari/Tgl
Materi Pokok
Metode
Pengajar
1-2 (T)

1.1. Adaptasi fisiologis neonatus
  1. Adaptasi bayi baru lahir terhadap kehidupan di luar uterus
  2. Sistem pernafasan
  3. Suhu Tubuh
  4. Metabolisme
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas





e. Peredaran darah
f. Keseimbangan air dan fungsi
ginjal
g. Imunoglobulin
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas



  1. Traktus digestivus
  2. Hati
  3. Keseimbangan asam basa
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas


3-4 (T)

1.2. Konsep tumbuh kembang bayi, balita dan anak pra sekolah
1.1.1.      Pertumbuhan dan perkembangan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah
a.       Pengertian
b.      Pola pertumbuhan dan perkembangan
c.       Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan
d.      Tahap pencapaian pertumbuhan dan perkembangan
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas



5-7 (T)

1.1.2.      Indikator pemantauan pertumbuhan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah
a.       Pengukuran antropometri
b.      Penggunaaan dan interpretasi kurva pertumbuhan anak
c.       Memonitor pertumbuhan anak sejak bayi
d.      Pertumbuhan normal pada anak balita
e.       Grafik pertumbuhan (Growth Chart)
f.       Membaca grafik pertumbuhan
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas


8-10 (T)

1.1.3.      Indikator pemantauan perkembangan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah
a.       Deteksi dini penyimpangan perkembangan anak (DDST-II / Denver Development Skrining Test)
b.      Perkembangan mental (gerakan motorik kasar, motorik halus, social, prilaku, emosi serta bicara)
c.       KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan)
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas


11-14(T)

1.3. Kebutuhan dasar neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah
1.3.1. Bounding attachment
a. Pengertian
b. Elemen-elemen bonding
attachment
d.      Prinsip dan upaya peningkatan
bounding attachment
1.3.2. ASI Eksklusif
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas


15-19 (T)

1.3.7. Imunisasi
a. Imunisasi Dasar (Imunisasi Wajib)
b. Imunisasi yang Dianjurkan
c. Vaksinasi
d. Jadwal Imunisasi
e. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI)
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas


20-22 (T)

1.4. Konsep dasar asuhan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah
1.4.1. Pencegahan Infeksi
a. Kewaspadaan pencegahan infeksi
b. Cara pencegahan infeksi
c. Tehnik aseptik untuk melakukan tindakan
d. Pencegahan infeksi pada tali pusat
e. Pencegahan infeksi pada mata bayi
baru lahir.
f.Pencegahan infeksi pada kulit bayi
baru lahir
1.4.2. Rawat Gabung
a. Defenisi dan tujuan
b. Sasaran dan manfaat
c. Faktor yang mempengaruhi
keberhasilan rawat gabung

Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas



23-26 (T)

1.5. Asuhan neonatus, bayi, balita dan anak pra sekolah dengan penyulit dan komplikasi
1.5.1. Asuhan neonatus dengan penyulit dan komplikasi
a. BBLR
b. Asfiksia
c. Sindrom Gawat Nafas
d. Hiperbilirubin
e. Sepsis Neonatorum

Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas



27-28 (T)

f. Neonatus dengan Trauma Lahir
g. Kelainan Kongenital (Kelainan
Bawaan)
h. Neonatus dengan Kejang
i. Oral Trust
j. Ikterik

Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas



k. Muntah dan gumoh
l. Milliariasis
m. Infeksi
n. Hipotermi

Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas


29-30 (T)


1.5.2. Asuhan bayi, balita dan anak pra sekolah dengan penyulit dan komplikasi
a. Diare
b. Ruam popok (diaper rush)
c. Hemangioma

Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas




d. Seborrhea
e. Bisul
f. Obstipasi
g. Meninggal mendadak

Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas


31-33 (T)

6.1. Asuhan Pada Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah
6.1.1. Asuhan Pada Neonatus
a. Pengumpulan Data
1. Pengkajian fisik
2. Pemeriksaan umum
3. Pemeriksaan fisik
4. Pemeriksaan laboratorium
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas





MID SESMESTER



34-36 (T)

b. Rencana Asuhan Pada Neonatus
1. Minum
2. BAK/BAB
3. Tidur
4. Kebersihan kulit
5. Perawatan tali pusat
6. Keamanan bayi
7. Tanda-tanda bahaya
8. Penyuluhan sebelum bayi
pulang
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas


37-40 (T)

4. Asuhan Pada Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah
4.1. Asuhan Pada Neonatus
a. Pengkajian data
1. Data Subjektif
2. Data Objektif
a. Pemeriksaan umum
b. Pemeriksaan fisik
4. Pemeriksaan laboratorium
b. Asuhan pada neonatus
1. Minum
2. Defekasi
3. Suhu tubuh
3. Berkemih
4. Tidur
5. Kebersihan kulit
6. Keamanan
7. Tanda-tanda bahaya
8. Peyuluhan pada ibu dan keluarga
9. Imunisasi

Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas



41-43 (T)

4.2. Asuhan Pada Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah
a. Pengkajian data
1. Data Subjektif
2. Data Objektif
a. Pemeriksaan umum

b. Pemeriksaan fisik
3. Pemeriksaan laboratorium
4. Pemeriksaan radiologi

b. Asuhan pada bayi
1. Berat badan
2. Tinggi Badan
3. Gizi
4. Motorik kasar
5. Motorik halus
6. Bahasa
7. Adaptasi sosial
8. Peningkakan organ
fisik/biologis

  1. Asuhan pada anak balita
1.      Berat Badan
2.      Panjang Badan
3.      Penambahan gigi
4.      Motorik halus
5.      Motorik kasar
6.      Bahasa
7.      Adaptasi sosial
8.      Imunisasi lanjutan (Boster)





44 (T)


d. Asuhan pada anak pra sekolah
1.      Berat badan
2.      Pola makan dan minum
3.      Eliminasi
4.      Motorik kasar
5.      Motorik halus
6.      Bahasa
7.      Adaptasi Sosial
8.      Panca Indera
9.      Perkembangan psikososial
10.  Imunisasi lanjutan (Boster)

4.3. Pijat bayi
1. Defenisi dan manfaat pijat
2. Hal yang dianjurkan dan tidak dianjurkan sebelum pemijatan
3. Langkah-langkah pelaksanaan pijat bayi

Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas



45 -46 (T)

7.1. Dokumentasi dengan sistem SOAP
7.1.1. Pendokumentasian Manajemen Kebidanan pada Bayi Baru Lahir

Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas

47-48 (T)

7.1.2. Pendokumentasian Manajemen Kebidanan pada Tumbang Balita
Ceramah
Tanya jawab
Diskusi
Tugas