Monday, May 25, 2015

KUTU AIR

   


kutu air benar-benar sangat menyiksa gatalnya sangat luar biasa hingga keinginan menggaruk sangat besar dan terkadang dapat merusak kulit hingga kulit pecah dan berdarah. Penyakit yang biasa kita sebut kutu air ini juga dikenal dengan nama tinea pedis atau kaki atlet (Inggris: athlete's foot). Kutu air ini merupakan penyakit yang disebabkan oleh jamur dermatofit atau trikofiton. Selain pada kaki, kutu air juga dapat ada di bagian tubuh yang lain seperti tangan atau kulit kepala.

     Gejala Kutu Air Pada kebanyakan orang, daerah yang terkena kutu air terbatas pada daerah antara jari-jari kaki saja, namun kutu air tersebut dapat menyebar ke daerah lain juga. Kutu air terlihat menjijikan dan terlihat seperti eksim yang menggila di kaki. Pada beberapa orang kulit menjadi sangat sakit dan bahkan sedikit berdarah. Ini biasa terjadi pada orang yang memiliki kulit tipis, serta pada orang-orang yang vegetarian.

     Penyebab Kutu Air Beberapa varietas jamur merupakan penyebab kutu air, dan terkadang ada lebih dari satu tipe jamur yang ada secara bersamaan. Jamur penyebab kutu air mudah berkembang pada lingkungan yang hangat dan lembab. Kemudian kondisi dapat diperparah dengan adanya infeksi oleh bakteri yang memanfaatkan luka pada kulit akibat kutu air.

     kebiasaan sehari-hari yang memicu kutu air
  1. Lingkungan yang lembab dan hangat merupakan tempat favorit bagi jamur. 
  2. Seseorang yang memakai sepatu dalam waktu lama akan membuat kaki cenderung lembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur. 
  3. Saat jamur tumbuh, kulit memproduksi lebih banyak sel untuk mengganti sel yang rusak. Itu sebab, kulit yang terkena kutu air nampak bersisik. 
  4.  Memakai sepatu basah, sepatu plastik, atau kaus kaki basah dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki. 
  5. Kaki yang sering terkena air seperti saat mencuci juga akan memperbesar risiko tumbuhnya jamur kutu air. 

     Diagnosa Kutu Air
 Diagnosis kondisi kutu air biasanya dengan melihat penampilan kutu air yang terlihat tersebut. Tapi jika perlu akan dilakukan pengecekan pada sampel kulit di laboratorium dimana jamur dapat dideteksi, dengan begitu keseriusan kondisi kutu air dapat diketahui dengan pasti. Pengobatan Kutu Air Tersedia krim dan bedak anti jamur yang dapat dibeli di toko obat. Keduanya bekerja dengan membunuh jamur dan perlu diaplikasikan sampai kulit menjadi normal kembali, dan kemudian untuk dua minggu lebih lanjut agar semua sisa spora jamur dapat dibinasakan secara menyeluruh. Kebersihan kaki yang biasa sering diabaikan perlu dijaga.

biasa dipakai  miconazole harganya terjangkau dan ampuh mengatasi kutu air. Cara pemakaian perama bersihkan/ cuci dulu bagian yang terkena kutu air dengan dettol cair kemudian lap dan oleskan miconazole dalam 3 hari insya Allah sembuh dan kutu air gak balik-balik lagi


    Jika anda tidak terbiasa minum banyak air putih, disarankan minum banyak air mulai dari sekarang. Minum air dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh dari dalam tubuh, membantu menjaga kaki bersih. Jika pengobatan tidak memberikan hasil, maka Anda perlu konsultasi dengan dokter, sehingga dapat memberikan diagnosis yang lebih tepat serta dapat menawarkan pengobatan lain. Cara Mencegah Kutu Air Kutu air dapat dengan mudah dicegah dengan menjaga kebersihan.

     Anda juga perlu ingat untuk selalu mengeringkan kaki setelah selesai mandi, terutama daerah antara jari-jari kaki. Kaki paling mudah terkena kutu air ketika hangat dan lembab, jadi disarankan agar tidak menggunakan sepatu terus menerus untuk waktu yang sangat lama. Menggunakan sepatu dan kaos kaki yang terlalu ketat juga dapat menjadi faktor penyebab kutu air.

     Sama halnya dengan menggunakan sepatu yang basah, sepatu plastik, atau bahkan kaos kaki basah dapat menyebabkan jamur lebih mudah berkembang. Memotong kuku kaki secara teratur juga dipercaya dapat membantu menghindari kutu air. Apakah Kutu Air Menular? Penyakit kutu air dapat menular melalui manusia ke manusia lain atau dari hewan ke manusia.

     Pada manusia, kutu air dapat menular dengan kontak langsung kulit dengan kulit, atau melalui objek seperti handuk, sepatu, kaos kaki, dsb. Jamur penyebab kutu air juga dapat menyebar dari lingkungan ke manusia. Jamur penyebab kutu air ini bisa terdapat di tempat-tempat lembab dan hangat seperti kolam berenang, ruang ganti, kamar mandi, dsb

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon