Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

EVALUASI & RAMEDIAL : KONSEP EVALUASI

KONSEP EVALUASI
  • Guban dan licoln (Hamid hasan, 1988) mendefenisikan evaluasi sebagai suatu proses memberikan pertimbangan mengenai nilai dan arti sesuatu yang dipertimbangkan (evaluation).
  • Tyler (1950) merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana dalam hal apa, dan bagian mana tujuan pendidikan sudah tercapai.
  • Worthen & sonders (1987) adalah proses pengumpulan informasi untuk membantu pengambilan keputusan dan didalamnya terdapat perbedaan mengenai siapa yang dimaksudkan dengan pengambil keputusan.
      
     Karakteristik Evaluasi 
  1. memiliki implikasi tidak langsung terhadap peserta didik yang dievaluasi
  2. lebih bersifat tidak lengkap
  3. mempunyai sifat kebermaknaan relatif

     Fungsi Evaluasi
  1. mengetahui kemampuan peserta didik dalam menguasai materi yang sudah diajarkan
  2. mengetahui aspek-aspek kelemahan peserta didik dalam KBM
  3. mengetahui meningkat ketercapaian peserta didik dalam KBM 

     Tujuan Evaluasi
  • menialai ketercapaian tujuan
  • mengukur macam-macam aspek belajar
  • sarana mengetahui apa yang sudah diketahui peserta didik 
  • memotivasi belajar anak didik
  • informasi untuk tujuan BK
  • hasil evaluasi dijadikan sebagai dasar perubahan kurikulum