EVALUASI & RAMEDIAL : KONSEP EVALUASI
KONSEP EVALUASI
- Guban dan licoln (Hamid hasan, 1988) mendefenisikan evaluasi sebagai suatu proses memberikan pertimbangan mengenai nilai dan arti sesuatu yang dipertimbangkan (evaluation).
- Tyler (1950) merupakan sebuah proses pengumpulan data untuk menentukan sejauh mana dalam hal apa, dan bagian mana tujuan pendidikan sudah tercapai.
- Worthen & sonders (1987) adalah proses pengumpulan informasi untuk membantu pengambilan keputusan dan didalamnya terdapat perbedaan mengenai siapa yang dimaksudkan dengan pengambil keputusan.
Karakteristik Evaluasi
- memiliki implikasi tidak langsung terhadap peserta didik yang dievaluasi
- lebih bersifat tidak lengkap
- mempunyai sifat kebermaknaan relatif
Fungsi Evaluasi
- mengetahui kemampuan peserta didik dalam menguasai materi yang sudah diajarkan
- mengetahui aspek-aspek kelemahan peserta didik dalam KBM
- mengetahui meningkat ketercapaian peserta didik dalam KBM
Tujuan Evaluasi
- menialai ketercapaian tujuan
- mengukur macam-macam aspek belajar
- sarana mengetahui apa yang sudah diketahui peserta didik
- memotivasi belajar anak didik
- informasi untuk tujuan BK
- hasil evaluasi dijadikan sebagai dasar perubahan kurikulum