Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KONSEP DASAR MUTU PELAYANAN KEBIDANAN

 KONSEP DASAR MUTU PELAYANAN KEBIDANAN

> Mutu (Winston Dictionary, 1956)
mutu adalah tingkat kesempurnaan dari penempilan suatu yang sedang diamati.

> Mutu (Donabedian, 1980)
mutu adalah sifat yang dimiliki oleh suatu program

> Mutu adalah totalitas dari wujud serta dari suatu ciri suatu barang atau jasa yang didalamnya terkandung pengertian rasa, aman atau pemenuhan pengguna.

     Mutu pelayanan hanya dapat diketahui apabila sebelumnya telah dilakukan penilaian, baik terhadap tingakat kesempurnaan, sifat, wujud serta ciri-ciri pelayanan kesehatan, ataupun terhadap kepatuhan terhadap standar pelayanan.

     Mutu Pelayanan Kesehatan (MPK) menurut Azrul aswar, 1996 adaalh pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiapa pemakai jasa pelayanan kesehatan yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk serta penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik profesi.

Mutu Pelayanan Kesehatan berdasarkan objek
  1. pasien/masyarakat : empati, menghargai, tanggap sesuai dengan kebutuhan dan ramah.
  2. pelayanan kesehatan : bebas melakukan segala sesuatu

Dimensi Mutu
  • kompetensi teknis
  • efisiensi
  • hubungan antar manusia
  • akses terhadap pelayanan
  • kesinambungan
  • kenyamanan
  • efektivitas
  • keamanan
Faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan kesehatan
  • ilmu pengetahuan dan teknologi baru
  • nilai masyarakat
  • aspek legal dan etik
  • ekonomi
  • politik
Mutu dapat dicapai dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  1. berfokus pada pelanggan 
  2. obsesi terhadap mutu
  3. pendekatan ilmiah
  4. komitmen jangka panjang
  5. kerjasama tim
  6. perbaikan sistem secara berkesinambunagn
  7. pendidikan dan pelatihan


Post a Comment for "KONSEP DASAR MUTU PELAYANAN KEBIDANAN"