Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ILMU KESEHATAN ANAK : PERTOLONGAN PERTAMA PADA KERACUNAN ZAT KIMIA DAN OBAT



Keracunan zat kimia yang sering terjadi umumnya karena faktor ketidaksengajaan dalam penggunaan.Keracunan seperti ini sering terjadi pada anak-anak yang belum tahu bahayanya.Jenis zat kimia yang banyak dipergunakan dan terdapat disekitar rumah antara lain asam cuka,amoniak,pembersih lantai,minyak tanah,bensin,detergen,dan alkohol.

Demikian pula keracunan karena obat-obatan yang mana berbagai jenis obat yang dikenal dibuat untuk mengobati penyakit.Penggunaan obat jika dilakukan sesuai dengan petunjuk yang ada akan mempercepat proses penyembuhan.Akan tetapi jika digunakan melebihi dari dosis yang telah ditentukan maka obat akan menjadi racun bagi tubuh penggunanya.

Keracunan Larutan Asam
Larutan asam yang banyak dipergunakan dan disimpan didalam rumah antara lain adalah asam cuka dan asam sulfat.Asam-asam ini memang sangat dibutuhkan,tetapi berbahaya apabila dipakai tidak dengan semestinya.

Gejala penderita
Zat asam yang tertelan dalam jumlah yang banyak akan mencederai mulut.Biasanya disekitar mulut penderita akan terasa terbakar,perut terasa mual,muntah,sulit menelan dan berbicara,nafas terasa terhambat,dan bahkan dapat pingsan.Bila zat asam mengenai mata atau kulit,maka penderitanya akan merasa terbakar,panas,atau luka bakar ditempat terkenanya.

Pengobatan
Mengobati penderita yang tidak dengan sengaja menelan larutan asam adalah terlebih dahulu sifat asam harus dinetralkan atau ditawarkan terlebih dahulu dengan cara diberi air kapur sirih encer (1 sendok teh kapur sirih dalam 2 gelas air),2 gelas air susu,segelas air susu yang dicampur 2 butir putih telur.Yang perlu diperhatikan adalah hindari pemuntahan karena hanya akan merusak lambung.Setelah diberi minum,penderita segera dibawa kerumah sakit dalam posisi setengah telungkup dan muka agak miring kebawah.

Zat asam yang mengenai mata diobati dengan cara pelupuk mata penderita direnggangkan selebar-lebarnya dan dicelupkan selama 15 - 20 menit kedalam air bersih yang mengalir.Selanjutnya penderita segera dibawa ke puskesmas atau ke rumah sakit.

Bila mengenai kulit,luka bakar pada kulit segera didinginkan dengan cara alirkan air bersih selama 10 menit pada luka bakar tersebut sehingga rasa terbakar dan nyerinya hilang.Kemudian penderita dibawa ke puskesmas atau rumah sakit.

Keracunan Larutan Basa
Yang termasuk larutan basa dan sering ditemukan dalam rumah tangga antara lain kapur tohor,amonia cair dan lysol (bahan pembersih)

Gejala Penderita
Penderita yang keracunan larutan basa akan menunjukan gejala seperti pada keracunan larutan asam.

Pengobatan
Penderita yang tiak dengan sengaja menelan larutan basa dapat ditolong dengan cara menetralkan larutan basa.Namun,tidak diperkenankan memuntahkan larutan yang sudah tertelan.Sebaiknya penderita diberikan air cuka encer (1 bagian cuka dengan 6 bagian air) atau air jeruk (3 - 4 buah eruk dalam segelas air).Setelah itu penderita diberikan minum 2 sendok minyak kelapa,selanjutnya penderita dibawa ke puskesmas atau rumah sakit.Bila larutan basa mencederai mata dan kulit,cara mengobatinya sama seperti pada keracunan larutan asam.

Keracunan Alkohol
Alkohol merupakan obat yang dapat menekan kerja system syaraf pusat.Bila diminum secara terus-menerus atau berlebihan,minuman beralkohol seperti bir,arak,anggur akan menyebabkan kemampuan mental dan fisik terganggu.Keracunan alkohol sangat berbahaya karena dapat melumpuhkan alat-alat pernapasan,kematian,serta kebutaan.

Gejala Penderita
Orang yang keracunan alkohol biasanya napasnya akan berbau alkohol dan mengalami muntah-muntah.Jika korban pingsan,denyut nadinya semakin cepat,tetapi lemah.Matanya kemerah-merahan dengan biji mata tampak melotot atau terbelalak,sedangkan muka penderita tampak bengkak dan kering.

Pengobatan
Penderita keracunan alkohol diusahakan agar muntah dengan cara memasukkan jari tangan pada mulut penderita lalu memberinya minum 4 - 7 gelas air putih.Selanjutnya kepala penderita dikompres dengan air dingin dan diciumkan bau-bauan seperti bawang putih.Setelah itu,penderita diberikan minum kopi kental jantungnya menjadi kuat.Tindakan selanjutnya adalah penderita diselimuti agar banyak keringat yang keluar karena diharapkan alkohol akan ikut keluar bersama keringat.Bila penderita mengalami kesulitan bernapas dan pingsan,segeralah diberikan pernapasan buatan.Setelah itu penderita dibawa ke puskesmas atau rumah sakit dengan posisi setengah telungkup dan kepala agak miring kebawah.

Keracunan Minyak Tanah
Keracunan minyak tanah atau bensin pun berbahaya bagi penderita bila tidak segera ditolong.Keracunan minyak tanah atau bensin dapat terjadi karena meminum atau menghirupnya secara sengaja atau tidak sengaja.Keracunan bahan ini akan menyebabkan penderita mengalami peradangan dan pembengkakkan paru-paru.

Gejala Penderita 
Keracunan minyak tanah dan bensin akan menimbulkan gejala mulut terasa terbakar yang diikuti dengan mual dan muntah-muntah,penglihatan kabur,kadang diare dengan kotoran mengandung darah,serta mabuk dan kehilangan kesadaran.

Pengobatan
Untuk mengobati penderita keracunan ini penolong hendaknya menghindari terjadinya muntah pada penderita karena dapat merusak system lambung dan paru-paru.Sebaiknya penderita segera dipindahkan ke tempat yang berudara bersih dan diberikan minum 2 gelas susu,es cream,atau 1 sendok makan minyak kelapa.Bila perlu penderita diberikan pernapasan buataan.Selanjutnya penderita dibawa ke rumah sakit atau dengan sikap setengah tertelungkup dan kepala agak miring kebawah.

Keracunan Gas
Gas yang bersifat racun yang ada dilingkungan hidup manusia dapat mematiakn bila kadanya mencapai 10 - 15 persen umumnya adalah gas karbon monoksida (CO).Gas ini berasal dari karbit,arang batu,knalpot kendaraan,dan kebakaran. 

Gejala Penderita
Gejala yang tampak pada penderita keracunan gas karbon monoksida antara lain kemampuan dan gerakan fisiknya lemah,sering merasa sakit kepala dan sesak nafas atau kesulitan bernapas,terasa mual dan muntah,pernglihatan terganggu dan bahkan pingsan.

Pengobatan
Upaya pertolongan pertama pada korban keracunan gas ini antara lain dengan membawa penderita ke tempat yang berudara bersih dan segar.Usahakan penderita tidak banyak bergerak.

Setelah itu kepala penderita dikompres dengan air dingin dan tubuhnya diselimuti.Bila perlu penderita diberi napas buatan dengan cara dada penderita ditekan-tekan dalam selang waktu antara 1 - 2 detik.

Usahakan untuk tidak memberikan napas buatan dari mulut ke mulut.Agar jantung menjadi kuat,penderita dapat diberikan kopi hangat.Tindakan terakhir adalah penderita segera dibawa ke rumah sakit.

Keracunan Detergen
Detergen umumnya digunakan untuk mencuci alat - alat rumah tangga.Bahan-bahan penyusun detergen mengandung racun yang berbahaya bila tertelan.

Gejala Penderita
Umumnya penderita keracunan ini akan mengalami muntah-muntah,sakit kepala yang hebat,sakit perut dan diare yang terus-menerus,dan kejang-kejang.

Pengobatan
Tindakan pengobatan penderita keracunan detergen adalah dengan memberikannya minum 4 - 7 gelas air putih,lalu 2 gelas susu.Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,penderita segera dibawa kerumah sakit dengan posisi setengah tertelugkup dan kepala agak miring ke bawah.

Keracunan Obat Penenang/Obat tidur
Keracunan obat penenang atau obat tidur dapat terjadi apabila diminum secara berlebihan atau tidak mengikuti petunjuk,aturan,atau resep dokter.

Gejala Penderita
Penderita keracunan obat penenang akan merasa mengantuk,pernapasan terganggu,dan kehilangan kesadaran atau pingsan.Bila gejala ini dibiarkan,penderita bisa saja meninggal.

Pengobatan
Bila sulit bernapas atau kehilangan kesadaran,penderita segera diberikan napas buatan.Sedangkan bila masih sadar,diusahakan agar penderita bisa muntah.Setelah itu,kepala dan pergelangan tangan penderita dikompres dengan air dingin.Kemudian penderita diberikan minum yang sebanyak-banyaknya atau sampai sekuatnya.Jagalah agar penderita jangan sampai tertidur,caranya adalah dengan memberikan bau-bauan misalnya bawang putih atau mengajaknya berjalan-jalan tanpa harus merasa letih.

Keletihan dapat mengakibatkan penderita merasa ingin tidur.Untuk menguatkan jantung,sebaiknya penderita diberikan minum kopi kental.Terakhir penderita segera dibawa ke puskesmas atau rumah sakit.

Keracunan Obat (Aspirin,Kina)
Keracunan obat seperti aspirin atau kina dapat terjadi akibat penggunan dosis berlebihan dan faktor alergi terhadap obat.

Gejala Penderita
Penderita keracunan obat aspirin atau kina biasanya menampakkan gejala seperti mulut terasa tebal,mata bengkak,muntah dan diare,serta bintik merah disebagian badan (biasanya terasa gatal)

Pengobatan
Tindakan awal untuk mengobati keracunan obat ialah mengusahakan agar penderita muntah dengan cara memasukkan jari tangan ke mulut.Agar semua racun dalam tubuh dapat keluar,penderita diminumkan obat cuci perut seperti norit 3 kali dengan dosis 1 tablet sekali.Tindakan terakhir adalah penderita segera dibawa ke puskesmas atau dibawa ke rumah sakit.

Agar kita dapat terhindar dari hal-hal diatas,kita harus lebih berhati-hati dalam bertindak,dan apabila kita diharuskan untuk menjalani perawatan minumlah obat secara teratur atau sesuai petunjuk dari dokter.Silahkan baca juga cara pencegahan penyakit darah tinggi untuk lebih menambah wawasan kita,semoga bermanfaat.