Silabus Konsep Kebidanan
A. Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Konsep Kebidanan
Kode Mata Kuliah : BD 401
Beban Studi : 4 SKS (T = 2, P = 2)
Penempatan : Semester I
Jumlah Minggu : 16 Minggu
Nama Tim Dosen :
B.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kesempatan
belajar mahasiswa dalam merancang pembentukan karakter diri sebagai bidan yang
handal, berwibawa, bertanggung jawab dalam memberikan asuhan kebidanan sesuai
dengan filosofi kebidanan yang berfokus pada pemberdayaan perempuan.
C.
Standar Kompetensi Lulusan
Mampu
mengkategorisasikan prilaku profesional, beretika dan bermoral serta tanggap
terhadap nilai sosial budaya dalam praktek kebidanan dengan berpedoman pada
standar profesi, kode etik kebidanan dan Undang-Undang/Peraturan yang berlaku.
D.
Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu
merancang pembentukan diri menjadi bidan profesional sesuai dengan filosofi
bidan.
E.
Kompetensi Dasar
1. Menganalisis pengertian, filosofi dan
defenisi bidan
2. Menganalisis perkembangan profesi, pelayanan
dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional
3. Menerapkan paradigma asuhan kebidanan
4. Menerapkan peran fungsi bidan
5. Menganalisis standar profesi bidan
6. Merancang teori dan model konseptual asuhan
kebidanan
7. Mengkategorisasikan managemen kebidanan
8. Menganalisis sistem penghargaan bagi bidan
9. Menganalisis prinsip pengembangan karir
bidan
10. Memproduksi usaha jasa pelayanan dan praktik
kebidanan secara mandiri maupun berkesinambungan
11. Menerapkan model asuhan kebidanan
12.Menerapkan
konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
F. Materi
1.Pengertian,
Filosofi kebidanan dan defenisi bidan serta Ruang Lingkup Asuhan Kebidanan
2.Sejarah Kebidanan
: profesi, pelayanan, pendidikan
3.Paradigma asuhan
kebidanan
4.Peran fungsi bidan
5.Standar profesi
bidan
6.Teori dan model
konseptual asuhan kebidanan
7.Bidan dalam sistem
pelayanan kesehatan
8.Manajemen
kebidanan
9.Model asuhan
pelayanan kebidanan di Indonesia dan luar negeri
10.Reflektif
practice
11.Pengembangan
profesi dan karir bidan
12.Pemasaran sosial
jasa pelayanan kebidanan
E.Metode
Pembelajaran
Menggunakan Problem Based Learning, Tutorial, Diskusi,
Ceramah, Praktikum, Role Play
F.Evaluasi
Teori : 50 %
1.UTS : 20 %
2.UAS :
20 %
3.Penugasan: 10 %
Praktek :
50 %
1.
Ujian Praktek : 30 %
2.
Penugasan : 20
%
12.
Buku Sumber
1. Bryan, R (1995), Teori for Midwifery
Practice, Edisi 1, Mc. Millan, Haundmillow
2. Enkin. K, et.al ( 2000 ). A Guide to
Effective care in Pregnancy, Childbirth and arly Parenting. Oxford: University
Press
3. Kroll, D.L ( 1996 ). Midwifery care for
the future, Edisi 1. Bailliere Tindall, London.
4. Pyne, RH (1992), Profesional Disiplin in
Nursing, Midwifery and Health Visiting, Edisi 2, Black Well Scientifik,
Publication London.
5. Vaeney, H (1997), Varney’s Midwifery.
Jones Bartlett Publisher, Sudbury, Massachussets, USA Seller, P, Mc ( 1993 )
Midwifery, Vol. 1 – 2, Edisi I. Juta and Co Ltd, Cape
6. Konsep Kebidanan, Depkes RI.
7. 50 Tahun IBI
8. Asri Hidayat ( 2009 ) Konsep Kebidanan,
Mitra Centika, Yogyakarta
9. Suryani Soepardan ( 2008 ) Konsep Kebidanan,
EGC
10. Christine Henderson ( 2006 ) Buku Konsep Kebidanan,
EGC
RINCIAN KEGIATAN
No
|
Pertemuan Ke
|
Hari/Tgl
|
Materi Pokok
|
Metode
|
Pengajar
|
1.
|
1-2 (T)
1-3 (P)
|
1.1. Pengertian filosofi dan defenisi
bidan
1.1.1. Defenisi bidan
1.1.2. Filosofi bidan
1.1.3. Falsafah asuhan kebidanan
1.1.4. Pelayanan kebidanan
1.1.5. Praktek kebidanan
1.1.6. Ruang lingkup asuhan
kebidanan
|
Ceramah
Tutorial
|
||
2
|
3-4 (T)
4-5 (P)
|
2.1. Perkembangan sejarah profesi, pelayanan dan pendidikan bidan
secara nasional dan internasional
2.1.1. Perkembangan sejarah profesi, pelayanan, pendidikan
bidan di luar negeri
2.1.2. Perkembangan sejarah profesi,
pelayanan, pendidikan bidan di dalam negeri
|
Ceramah
Tutorial
PBL
|
||
3.
|
5-8 (T)
9-16 (P)
|
3.1. Paradigma asuham kebidanan
3.1.1. Pengertian paradigma
3.1.2. Komponen paradigma asuhan
kebidanan
- Manusia
- Lingkungan
- Kesehatan
- Kebidanan
3.1.3. Pardigma
sehat
3.1.4. Macam –
macam asuhan kebidanan
3.1.5. Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan
|
Ceramah
Tutorial
PBL
|
||
4.
|
9
(T)
17-19 (P)
|
4.1. Peran fungsi bidan
4.1.1.Peran bidan
4.1.2. Fungsi dan tugas bidan
4.1.3. Kompetensi bidan di Indonesia
|
Ceramah
Role play
Tutorial
|
||
5.
|
10-12 (T)
20-23 (P)
|
5.1.Standar profesi bidan
5.1.1. Pengertian standar
5.1.2. Macam standar profesi kebidanan
5.1.3. Ruang
lingkup standar praktek kebidanan
5.1.4. Lahan
praktik pelayanan kebidanan
5.1.5. Bidan
suatu jabatan fungsional
|
Ceramah
Tutorial
PBL
|
||
6.
|
13-16 (T)
24-30 (P)
|
6.1. Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
6.1.1. Pengertian konseptual model asuhan kebidanan
6.1.2. Model asuhan pelayanan kebidanan di Indonesia dan luar
negeri
1. Teori Reva Rubin
2. Teori Ramona T Mercer
3. Teori Ela Joy Lerhman
4. Teori Ernestin
5. Teori Jean Ball
|
Ceramah
Tutorial
PBL
|
||
UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
|
|||||
7.
|
17-21(T)
31-40 (P)
|
7.1. Manajemen asuhan kebidanan
7.1.1. Pengertian manajemen asuhan kebidanan
7.1.2. Tujuan manajemen asuhan kebidanan
7.1.3. Prinsip – prinsip proses manajemen asuhan kebidanan
7.1.4. Langkah – langkah manajemen asuhan kebidanan
|
Ceramah
Tutorial
PBL
|
||
8.
|
22-23(T)
41-43 (P)
|
8.1. Sistem penghargaan bagi bidan
8.1.1. Pemberian
penghargaan bagi bidan
8.1.2. Pemberian
sanksi bagi bidan
|
Ceramah
Tutorial
PBL
|
||
9.
|
24-26(T)
46-49(P)
|
9.1. Prinsip penghargaan karir bidan
9.1.1. Visi dan
Misi pendidikan berkelanjutan
9.1.2. Sasaran dan
tujuan pendidikan berkelanjutan
9.1.3. Jenis dan
karakteristik pendidikan berkelanjutan
|
Ceramah
Tutorial
PBL
|
||
10.
|
27-29 (T)
46-49 (P)
|
10.1. Usaha jasa pelayanan dan prktik kebidanan secara mandiri maupun
berkesinambungan
10.1.1.
Pengertian pemasaran jasa bidan
10.1.2.
Karakteristik pemasaran jasa dalam pelayanan
kebidanan
10.1.3.
Peran pemasaran dalam pelayanan kebidanan
10.1.4.
Proses pemasaran pelayanan kebidanan
|
Ceramah
Tutorial
PBL
|
||
11.
|
30
(T)
50-52 (P)
|
11.1. Merapkan model asuhan kebidanan
11.1.1. Teori Reva Rubin
11.1.2. Teori Ramona T Mercer
11.1.3. Teori
Ela Joy Lerhman
11.1.4. Teori
Ernestin
11.1.5. Teori
Jean Ball
|
Ceramah
Tutorial
PBL
Diskusi
|
||
12.
|
31-32(T)
53-64 (P)
|
12.1. Menerapan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik
kebidanan
12.1.1. Hamil
12.1.2. Bersalin
12.1.3. Nifas
12.1.4. BBL
12.1.5. Tumbuh
kembang
|
Ceramah
Tutorial
PBL
Diskusi
|
Koordinator
mata kuliah
(...............................)