PENGERTIAN DARI C1,C2,C3,C4,C5, dan C6
1.
Pengetahuan (C1)
Pengetahuan
adalah aspek yang paling dasar dalam taksonomi Bloom. Pengetahuan hafalan yang
perlu diingat seperti rumus, batasan definisi, istilah pasal dalam
undang-undang, nama dan tokoh, nama-nama kota dan lain-lain. Hafal menjadi
prasyarat bagi pemahaman, misalnya hafal suatu rumus maka kita akan paham
bagaimana menggunakan rumus tersebut atau hafatl kata-kata akan memudahkan
membuat kalimat.
2. Pemahaman
(C2)
Pemahaman dapat
dibedakan menjadi tiga yaitu tingkat rendah seperti menterjemah. Tingkat kedua
yaitu pemahaman penafsiran yaitu menghubungkan bagian-bagian terdahulu dengan
yang diketahui berikutrya, atau menghubungkan beberapa bagian dari grafik
dengan kejadian. Pemahaman tingkat ketiga, yaitu pemahaman ektrapolasi yang
mengharapkan seseorang mampu melihat dibalik yang tertulis, dapat membuat
ramalan tentang konsekuensi atau dapat memperluas.persepsi dalam arti waktu,
dimensi, kasus, ataupun masalahnya.
3. Aplikasi
(C3)
Menerapkan
aplikasi ke dalam situasi baru bila tetap terjadi proses pemecahan masalah.
Pada aplikasi ini siswa dituntun memiliki kemampuan untuk menyeleksi atau
memilih suatu abseksi tertentu (konsep, hukum, dalil, aturan, gagasan, cara)
secara tepat untuk diterapkan dalam situasi baru dan menerapkannya secara
benar.
4. Analisis
(C4)
Dalam analisis,
seseorang dituntut untuk dapat menguraikan suatu situasi atau keadaan tertentu
ke dalam unsur-unsur atau komponen-komponen pembentuknya.
5. Sintesis
(C5)
Pada jenjang ini
seserang dituntut untuk dapat menghasilkan sesuatu yang baru dengan jalan
menggabungkan berbagai faktor yang ada.
6. Evaluasi
(C6)
Seseorang
dituntut untuk dapat mengevaluasi situasi, keadaan, pernyataan, atau
konsep berdasarkam suatu kriteria tertentu.
konsep berdasarkam suatu kriteria tertentu.
Post a Comment for "PENGERTIAN DARI C1,C2,C3,C4,C5, dan C6"