Thursday, March 24, 2016

PENULIS BLOG DIGANJAR HUKUMAN LIMA TAHUN



Para penulis blogger mesti memikirkan matang-matang dalam memposting tiap penulisan karena setiap postingan kita akan dibaca banyak orang jangan sampai apa yang kita posting menjadi bumerang bagi kita seperti yang terjadi pada Nguyen Huu Vinh Seorang penulis blog berasal dari vietnam. Blognya yang diberi nama Ba Sam menarik minat pengunjung sampai beberapa juta kali. Kini dia dan asistennya diganjar hukuman lima tahun penjara karena diputuskan bersalah telah memublikasi artikel antipemerintah dan Asistennya, Nguyen Thi Minh Thuy, diganjar hukuman tiga tahun penjara. Pihak berwenang mengatakan kedua terpidana menurunkan kepercayaan rakyat terhadap partai yang memerintah.

Dikutip dari laman BBC, Kamis (24/3), isi blog Nguyen Huu Vinh beragam, mulai dari berita, komentar, ataupun informasi-informasi yang mestinya untuk kalangan dalam pemerintah. Diketahui Vinh sebelumnya pernah bertugas sebagai aparat polisi sebelum mendirikan sebuah perusahaan penyidikan swasta. Dia ditangkap pada 2014.

Sidangnya digelar di Hanoi, Rabu (23/3), diwarnai dengan unjuk rasa yang menuntut pembebasannya. Di luar persidangan, polisi membubarkan unjuk rasa yang menuntut pembebasan Vinh. Vietnam sering mendapat kecaman dari para pegiat hak asasi manusia karena dianggap tidak menoleransi perbedaan pandangan.Meskipun media-media utama dikuasai oleh negara dan diatur secara ketat, internet menjadi salah satu forum bagi warga Vietnam untuk mengkritik pemerintah.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon