MENGENAL "TOMSIS BLUETOOTH"



       Tomsis adalah singkatan dari 'TOMBOL NARSIS',
Dengan benda ini kita bisa berfoto-foto ria dengan menggunakan tongsis ataupun mini tripod tanpa harus memencet tombol shooter di camera ponsel. Jadi fungsinya kayak remote di tv gitu lahh, so udah ga jamannya lagi selfie-selfie pake timer, nahan-nahan pose alay & senyum selama 10 detik, mending kalo foto-fotonya cuma sedikit kalo 100x10detik kering-kering dah tuu gigi... dgn benda ini juga tentunya kita gak perlu bolak balik mencet tombol shooter di camera.

       Apa saja sii keunggulan tomsis bluetooth ini jika dibandingkan dengan tomsis kabel ??
Yang pasti si jangkauannya lebih jauh, yaitu maksimal 10m sementara tomsis kabel sendiri mungkin sekitar 1-2 m tergantung panjang kabelnya. Dalam penggunaannya juga tomsis bluetooth lebih simple & praktis jika dibanding tomsis kabel. Kita bisa menggunakan berbagai macam aplikasi kamera dengan syarat aplikasi tersebut ada fitur pengubah tombol volume jadi tombol shooter. Dan dalam tulisan ini aplikasi yang saya gunakan adalah camera 360. You know lah kenapa harus camera 360.


1. Yang pertama pastinya di ponsel sudah harus terinstal aplikasi camera 360.
2. Nyalakan tomsis bluetooth dgn menggeser tombol switch dri OFF ke ON dan lampu indikator akan menyala tanda tomsis siap dihubungkan dengan ponsel kita.
3.Masuk ke pengaturan -> bluetooth, dan nyalakan bluetooth di ponsel kita

4.Setelah bluetooth di ponsel kita menyala, telusuri perangkat bluetooth yg ada di sekitar,  sampai ditemukan perangkat bluetooth bernama 'AB SHUTTER 3'.



5. Sandingkan perangkat bluetooth di ponsel dengan AB SHUTTER 3, sampai muncul tulisan terhubung/conected. Tanda tomsis sudah terhubung dengan ponsel adalah jika kita memencet tombol bertuliskan camera 360/ios di tomsis, maka di ponsel akan terdeteksi seperti kita memencet tombol volume atas (+).



6. Buka aplikasi camera 360, tap icon setting di bagian pojok kanan atas, pilih advanced settings
7. Pilih camera settings.


8. Pilih volume functions
9. Pilih capture, dan sekarang kita sudah bisa bernarsis narsis ria menggunakan tomsis bluetooth.





Subscribe to receive free email updates: