Monday, August 3, 2015

KONSELING

KONSELING


Defenisi

> Rogers (1942)
Konseling adalah serangkaian hubungan langsung dengan individu untuk tujuan memberikan bantuan kepadanya dalam merubah sikap dan tingkah laku.

> Robinson (1950)
Konseling adalah penyuluhan mencakup huungan antara dua orang dimana satu sebagai klien yang dibantu untuk leih mampu menyesuaikan diri secara efektif terhadap diri sendiri dan lingkungannya.

Jenis-jenis Konseling
  • pelayanan dasar, konseling yang berorientasi pada eksistensi dan tumbang individu
  • pelayanan pengembangan yaitu konseling yang berorientasi pada pengembangan potensi secara optimal
  • pelayanan pengentasan : yang berorientasi pada penanganan masalah 
 Menurut TUMBANG  
  1. bayi                          babyhood
  2. anak                         chidhood
  3. remaja (21 thn)        adolesence
  4. dewasa                     adult hood   
 Tujuan 
  • mengubah penyesuaian perilaku yang salah
  • belajar membuat keputusan
  • mencegah munculnya masalah
Asas-asas bimbingan dan konseling 
  1. Asas kerahasiaan  adalah asas yang menuntut dirahasiakannya segenap data dan keterangan peserta didik (klien) yang menjadi sasaran layanan, yaitu data atau keterangan yang tidak dan tidak layak diketahui orang lain.    
  2. Asas kesukarelaan adalah asas yang menghendaki adanya kesukaan dan kerelaan peserta didik (klien) mengikuti/menjalani layanan/ kegiatan yang diperuntukkan baginya.
  3. Asas keterbukaan adalah asas yang menghendaki agar peserta didik (klien) yang menjadi sasaran layanan/kegiatan bersikap terbuka dan tidak berpura-pura baik dalam memberikan keterangan tentang dirinya sendiri maupun dalam menerima berbagai informasi dan materi dari luar yang berguna bagi pengembangan dirinya.
  4. Asas kegiatan adalah asas yang menghendaki agar peserta didik (klien) menjadi sasaran layanan dapt berpartisipasi aktif didalam penyelenggaraan / kegiatan bimbingan.Guru pembimbing (konselor) perlu mendorong atau memotivasi peserta diddik untuk dapat aktif dalam setiap layanan / kegiatan yang diberikan kepadanya.
  5. Asas kemandirian adalah asas yang menunjukkan pada tujuan umum bimbingan dan konseling yaitu peserta didik (klien) sebagai sasaran layanan / kegiatan bimbingan dan konseling diharapkan menjadi individu-individu yang mandiri, dengan ciri-ciri mengenal diri sendiri dan lingkungannya, mampu mengambil keputusan, mengarahkan, serta mewujudkan diri sendiri. Konselor hendaknya mampu mengarahkan segenap layanan.
  6. Asas kekinian adalah asas yang menghendaki agar objek sasaran layanan bimbingan dan konseling yakin permasalahan yang dihadapi peserta didik/ klien dalam kondisi sekarang
  7. Asas kedinamisan adalah asas yang menghendaki agar isi layanan terhadap sasaran layanan (klien) hendaknya selalu bergerak maju, tidak menononton dan terus berkembang serta berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan dan tahap perkembangannyadari waktu ke waktu.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon