Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MIMISAN




Apakah mimisan?
Di dalam hidung kita terdapat pipa-pipa memanjang yang sanat kecil. Pipa-pipa tersebut berisi darh dan disebut pembuluh darah. Jika pembuluh darah tersebut robek atau rusak, darah yang berada di dalamnya akan mengalir keluar. Peristiwa itulah yan disebut mimisan, yang dalam bahasa kedokteran disebut epistaksis.


Penyebab mimisan
Pembuluh darah pecah umumnya karena benturan. Biasnaya terjadi pada pembuluh darah bagian tengah yang disebut plexus kiesselbach. Contohnya terbentur saaat berolahraga, atau terkena pukulan mudah sekali terjadi mimisan.

Selaput lendir di dalam hidung tipis. Perubahan suhu yan ekstrim, misalnya suhu tiba-tiba menjadi dingin atau sanat panas, bisa menyebabkan mimisan. Tetapi jangan khawatir mimisan karena tipisnya selaput lendir seperti ini mudah sembuh.

Mimisan jua dapat disebabkan oleh alergi. Ketika tubuh kita sensitive terhadap sesuatu (alergi), jarinan hidung akan membengkak. Pembekakan itu memicu pembekakan pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah bisa pecah dan menyebabkan mimisan. Contohnya aleri terhadap beberapa obat, dan juga vaksin


Berbahayakah mimisan?
Sesungguhnyatubuh kita mempunyai kekuatan untuk menyembuhkan diri sendiri. Ketika pembuluh darah mengalami kerusakan, secara otomatis mereka akan menyembuhkannya sendiri. Ketika masih mampu bergerak aktif (tidak lemas), berarti mimisan tidak berbahaya. Mimisan menjadi berbahaya ketika dia menjadi tanda adanya sebuah penyakit sehingga harus segera di bawa ke dokter

Jika mimisan ?
Kita tidak boleh panic dan bernapas menggunakan mulut. Kemudian, tekan bagian cupin hidun, tepat baian atas lubang hidung, lebih kurang lima menit. Usahakan tetap berdiri atau duduk dengan posisi hidun lebih tinggi dari jantung. Karena jantunglah yang memompa darah jika jantun lebih tinggi dari hidung, darah yang mengalir akan semakin banyak.


Perlu bantuan dokter ?
Mimisan yang tergolong tidak parah akan berhenti dengan sendirinya. Tetapi jika tidak berhenti selama lebih dari 20 menit, sebaiknya seera ke dokter. Jika mimisan terus berulang dan tidak berkurang dalam 40 menit, segeralah ke dokter. Mimisan yang teru-menerus bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu, seperti tumor jinak pembuluh darah atau penyakit kelainan dalam pembekuan darah.


Kebiasaan yang dapat menimbulkan mimisan
1.  Mengorek hidung merupakan kebiasaan kita untuk membersihkan kotoran yang telah mongering di dalam hidung. Ketika jari mencungkil terlalu keras, pembuluh darah bisa pecah hingga berdarah.
2.  Mengeluarkan inus terlalu keras. Flu menyebabkan sering mengeluarkan ingus. Tanpa sadar kita terlalu keras menyentakkan udara dari hidun. Pada waktu itulah pembuluh darah tertekan. Tekanan yang dapat menyebabkan mimisan.
3.  Memasukkan barang/ benda asing ke hidung. Awalnya kita hanya mencium benda yang kita suka, seperti bunga mawar, melati, yang tanpa kita sadari benda-benda itu masuk ke dalam hidung. Semakin ingin dikeluarkan benda malah semalin masuk dan membuat pembuluh darah pecah.


Pengobatan cara tradisional
Nenek moyang kita menggunakan daun sirih untuk mengatasi mimisan. Caranya sehelai daun sirih di cuci bersih, kemudian gulun membentuk corong sebesar lubang hidung yang sedang mimisan. Kemudian masukkan ke dalam hidung.
Mengapa daun sirih ? Daun sirih mengandung astringent, zat yang mampu mengecilkan pembuluh darah. Jika