Friday, May 15, 2015

KANTOR FLEKSIBEL "CO-WORKING SPACE"

     Saat jaring-jaring koneksi internet semakin melebar, dunia digital semakin membesar. Ruang- ruang di dunia maya ini menyedot banyak oarang tenggelam dan terkoneksi nirbats di dalamnya. Namun, keterikatan pada dimensi lokal nyata tidak dapat dimungkiri. Kebutuhan akan suatu ruang untuk kantor kerap identik dengan biaya sewa yang mahal atau dana pendirian yang tinggi.
    Muncullah co- working space. Istilah ini bukanlah sesuatu yang baru. Co-working space telah marak di sejumlah negara sejak sekitar satu dekade yang lalu. Di Indonesia, co-working space juga telah ada di sejumlah kota seperti jakarta, bandung, dan yogyakarta. Meskipun demikian, jumlahnya masing terbilang kecil dibandingkan jumlah pelaku start-up.

Secara sederhana, co-working space merupakan istilah untuk menyebut lokasi para pelaku star-up untuk bekerja. Biasanya, co-working space bersifat terbuka karena bisa digunakan semua orang untuk bekerja dengan cara menyewa. Kelebihannya, co-working space bersifat jauh lebih ekonomis jika dibandingkan dengan menyewa gedung, ruang meeting di hotel, atau menghabiskan waktu berjam-jam di kafe atau restoran. Pemilik co-working space biasanya menawarkan paket keanggotaan tertentu untuk para penyewa atau pengguna. Misalnya, penyewaan harian atau bulanan.
Co-working space kebanyakan menawarkan lokasi yang strategis dan fasilitas dasar penunjang seperti meja-kursi dan akses internet denagn wifi. Selain itu, co-working space membuka ruang kesempatan untuk menjalin relasi yang lebih luas antar pelaku star-up. Sejumlah co-working space juga menyediakan area khusus sebagi lokasi pengadaan seminar atu workshop. Pemilik co-working space kebanyakan juga memiliki koneksi dengan narasumber atau pakar dalam bidang usaha tertentu. Para profesional ini bisa didatangkan pada acara seminar yang diadakan di co-working space.
Tidak ada formasi yang sama untuk co-working space, tergantung dari pemilik atau penyedia co-working space. Selain lokasi bekerja dan seminar sejumlah co-working space juga ada yang menyediakan tempat untuk menginap atu ruangan untuk berolahraga. Meskipun ditujukan untuk pembisnis pemula, co-working space juga terbuat untuk umum seperti penggiat LSM, mahasiswa, dan pekerja lepas(freelancer). Co-working space memberikan kesempatan pada setiap penyewa atau pengguna ruangan untuk datang dan pergi tanpa ikatan waktu tertentu. Anda bisa datang bebas ke co-working space untuk bekerja. Co-working space juga bisa menjadi salah satu pilihan meeting point karena lokasinya relatif strategis. Comma, Freeware, Jogja Digital Valley, Hubud, dan Pusat Kreatif Bandung adalah contohnya di indonesia meskipun hanya berperan sebagai penyedia lokasi, tidak tertutup kemungkinan, dari tempat ini muncul pembisnis baru yang turut mengangkat perekonomian daerah dan Indonesia.

Artikel Terkait