Friday, May 15, 2015

AGAR SI KECIL TETAP SEHAT


Memiliki anak yang masih kecil membuat setiap orang tua perlu menaruh perhatian ekstra dalam menjaga kesehatannya. Pada lima tahun pertama usianya, anak cenderung masih sangat rentan terkena penyakit menular. Tingginya frekuensi anak-anak kecil terkena penyakit serta tingkat penularan terhadap mereka memang tidaklah mengherankan. Penyakit infeksi pernapasan seperti selesma dan influenza, paling sering menular melalui kontak dengan sekresi yang berasal dari hidung, mulut, atau mata orang yang terinfeksi. Tidak hanya orang dewasa yang berpotensi menularkan penyakit, saudara kandung ataupun teman yang masih sama-sama berusia balita, justru berpotensi besar untuk menyebarkan partikel kuman penyakit ke udara, saat dia bersin dan batuk. Perlu diketahui, kuman penyakit masih dapat menyebar lewat udara dengan jarak 2 meter dengan penderita flu.

Cara penularan lain dapat terjadi lewat penggunaan sisir, sikat dan topi secara bersama. Penyakit seperti kecacingan, kutu dan penyakit kulit impetigo. Nah, untuk mencegah terjadinya penularan penyakit ini kepada si buah hati, para orang tua dapat mulai melakukan beberapa langkah pencegahan sebagai berikut :

1.  Sering mencuci tangan dan ajak anak melakukan hal serupa setiap hari. Langkah ini penting dilakukan terutama saat sebelum makan, sehabis dari kamar mandi, bermain di luar, dan memegang binatang.
2.  Jangan meminjamkan sisir, sikat, dan topi kepada orang lain.
3.  Sebaiknya berikan sikat baru kepad anggota keluarga yang sedang sakit dan buang sikat karena kemungkinan besra mengandung banyak kuman penyakit.
4.  Gunakan cairan desinfektan untuk membersihkan kamar mandi dan kloset secara rutin.
5.  Ibu sebaiknya mencuci tangan sebelum dan sesudah menyiapkan dan memasak makanan. Begitu juga jika ibu selesai mengelola makanan mentah seperti daging dan ikan. Kemudian masaklah semua makanan dengan benar, terutama telur dan daging untuk mencegah penyakit akibat bakteri

Artikel Terkait