Monday, April 27, 2015

Silabus Asuhan Kebidanan Komunitas TEORI


MATA KULIAH : ASUHAN KEBIDANAN KOMUNITAS
KODE MATA KULIAH : Bd. 306
BEBAN STUDI : 4 SKS (T ; 2, P ; 2)
PENEMPATAN : SEMESTER IV
A.     DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada peserta didik untuk menghasilkan asuhan kebidanan komunitas dengan memperhatikan aspek budaya yang berfocus pada upaya preventif, promotif, deteksi dini dan rujukan serta berorientasi pada pemberdayaan masyarakat yang didasari oleh pengetahuan, sikap dan keterampilan
B.STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Mampu menghasilkan asuhan kebidanan secara efektif, aman dan holistic dengan memperhatikan aspek budaya terhadap ibu hamil, bersalin, nifas dan menyusui, bayi baru lahir, balita dan kesehatan reproduksi pada kondisi normal berdasarkan standar praktik kebidanan dan kode etik profesi.
C.STANDAR KOMPETENSI
Mahasiswa mampu mengevaluasi asuhan kebidanan komunitas sebagai dasar praktik kebidanan
`D.KOMPETENSI DASAR
1.Menerapkan konsep pelayanan kebidanan komunitas dan keluarga sebagai pusat pelayanan
2.Menganalisis tugas dan tanggung jawab bidan di komunitas
3.Mengevaluasi asuhan kebidanan komunitas
4.Mengevaluasi program pemerintah yang berkaitan dengan KIA/KB di wilayah kerja
5.Memonitoring dan evaluasi kegiatan pelayanan kebidanan komunitas
6.Mengevaluasi pendokumentasian asuhan kebidanan di komunitas
E.MATERI
1. Konsep pelayanan kebidanan komunitas dan keluarga sebagai pusat pelayanan
2.Tugas dan tanggung jawab bidan di komunitas
3.Asuhan kebidanan komunitas
4.Program pemerintah yang berkaitan dengan KIA/KB di wilayah kerja
5.Monitoring dan evaluasi kegiatan pelayanan kebidanan komunitas
6.Pendokumentasian asuhan kebidanan di komunitas
F.METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Diskusi, Problem Based Learning, Tutorial, Praktikum, Seminar , Roleplay, Bed side Teaching, Metode Simulasi
G.PENILAIAN
Teori : 50 %
1.UTS : 20 %
2.UAS : 20 %
3.Penugasan: 10 %

Praktek : 50 %
1.      Ujian Praktek : 30 %
2.      Penugasan : 20 %
H.SUMBER KEPUSTAKAAN
Buku anjuran/utama
1.      Runjati M, (2010), Asuhan Kebidanan komunitas. EGC, Jakarta.
2.      Meilani, M (2009), Kebidanan Komunitas, Fitramaya, Yogyakarta
3.      Prawiro Hardjo, S (1997). Ilmu Kebidanan, YBPSP,UI Jakarta
4.      Hamidah S, et al (2009) Kebidanan Komunitas, EGC, Jakarta
5.      Safrudin, (2009), Praktek Kebidanan komunitas Dengan Pendekatan. EGC, Jakarta.
6.      Safrudin, (2009), Praktek Kebidanan komunitas. EGC, Jakarta.
7.      Yulifah, (2009), Asuhan Kebidanan komunitas. Salemba Medika, Jakarta.
8.      Mufdilah , (2008), Konsep kebidanan , Mitra Cendikia , Jakarta
9.      Taylor W et al (2002), Buku Ajar Praktek Kebi danan, EGC, Jakarta
10.  Safrudin, A.B. dkk (2002), Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal Neonatal. YBPPSP, Jakarta.
11.  Safrudin, A.B. dkk (2002), Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan. YBPPSP, Jakarta.
12.  Departemen Kesehatan RI (2002). Pedoman Pemantauan Wilayah Setempat Kesehatan Ibu dan Anak (PWS-KIA), Jakarta
13.  Bernett, VR and Brown, LK ( 1993). Milles Text Book for midwifery , Twelfth Edition . Churchill Livingstone




























RINCIAN KEGIATAN
Minggu
ke
Pertemuan ke
Hari
dan Tgl
Waktu
(menit)
Materi Pokok
Metode
Pengajar
1
1-2


2 x 60 Menit

1.1  Konsep Kebidanan Komunitas
1.1.1     Pengertian Komunitas dan Masyarakat
1.1.2     Sejarah Kebidanan Komunitas
1.1.3     Tujuan Asuhan Kebidanan Komunitas
1.1.4     Ruang lingkup dan Jaringan Kerja Pelayanan bidan di Komunitas
a.      Promotif
b.      Preventif
c.      Diagnosis Dini dan Pertolongan Tepat Guna
d.      Meminimalkan Kecacatan
e.      Rehabilitatif
f.       Kemitraan
1.1.5     Sasaran Kebidanan Komunitas
1.1.6     Prilaku Masyarakat
1.1.7     Pelayanan Kesehatan Bermutu
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi


Tim
2
3-6

2 x 60 Menit

1.2  MDGS 2015 Sebagai Landasan Berpikir pelayanan Kebidanan Komunitas
1.2.1  Riwayat MDGS 2015
1.2.2  Tujuan MDGS 2015
1.2.3  Strategi Akselarasi/Pencapaian Target MDGS 2015
1.3  Peran Serta Masyarakat
1.3.1     Pengertian Peran Serta Masyarakat
1.3.2     Dasar Filosofi Peran Serta Masyarakat
1.3.3     Pendekatan Peran Serta Masyarakat
1.3.4     Elemen-elemen Peran Serta Masyarakat
1.3.5     Metode Peran Serta Masyarakat
1.3.6     Bentuk-bentuk Peran Serta Masyarakat
1.3.7     Faktor-faktor Peran Serta Masyarakat
Diskusi
Tanya Jawab
Problem Based Learning


Tim
3
7-10

2 x 60 Menit

1.3.8     Keuntungan Peran Serta Masyarakat
1.3.9     Pembinaan Peran Serta Masyarakat
a.      Dukun Bayi
b.      Kader Kesehatan
1.3.10 Upaya-upaya dalam pembinaan Peran Serta Masyarakat
1.3.11 Pengaturan Bantuan Biaya bagi Masyarakat tidak mampu
1.3.12 Dana Sehat
1.3.13 Donor Darah Berjalan
1.3.14 Gerakan Sayang Ibu (GSI)
1.3.15 Forum Masyarakat Desa
1.3.16 Usaha Kesehatan Berbasis Masyarakat
1.3.17 Sistem Siaga (Suami Siaga, Bidan Siaga Dan Desa Siaga )
1.3.18 Pengembangan Program Pemerintah (Posyandu, Polindes, KB – KIA, Dasa Wisma, Tabulin, Donor darah berjalan)
Diskusi
Tanya Jawab
Problem Based Learning


Tim
4
11

2 x 60 Menit

2.1 Peran, Tugas, Tanggung Jawab dan Fungsi Bidan dalam Asuhan Kebidanan Komunitas
2.1.1 Peran, Tugas, Tanggung Jawab dan Fungsi Bidan dalam Asuhan Kebidanan Komunitas serta Kegiatan Bidan di Komunitas
2.2.2 Bidan Praktik Swasta
Ceramah
Tanya
Jawab
Diskusi
seminar
Tim
5
12

2 x 60 Menit

2.2 Tanggung Jawab Bidan sesuai dengan Kompetensi Bidan Indonesia Berkaitan Dengan Asuhan di Komunitas
2.2.1 Kepmenkes NOMOR 369/MENKES/SK/III/2007 TENTANG STANDART PROFESI BIDAN, Kompetensi ke 8
2.2.2 Standart Kompetensi lulusan ke 5
Ceramah
Tanya Jawab
Diskusi

Tim
6
13

2 x 60 Menit

2.3 Aspek Perlindungan Hukum bagi Bidan di Komunitas
2.3.1 Undang-undang dan Peraturan Pemerintah
2.3.2 Standart Praktik Bidan
2.3.3 Kode Etik Profesi Bidan
2.3.4 Registrasi Praktik Bidan
2.3.5 Keputusan Menteri Kesehatan Yang dikeluarkan tahun 2007
Ceramah
Problem Based Learning
Diskusi

Tim
7
14-15

2 x 60 Menit

Manajerial Asuhan Kebidanan Di Komunitas Baik Di Rumah, Posyandu Dan Polindes .
3.1 Asuhan Antenatal
3.1.1      Manajemen ibu antenatal
3.1.2      Standar asuhan kebidanan
3.1.3      Standar alat
3.2      Asuhan Intra Natal
3.2.1     Standar pelayanan kebidanan
3.2.2     Persiapan bidan
3.2.3     Persiapan rumah dan lingkungan
3.2.4     Persiapan alat/bidan kit
3.2.5     Persiapan ibu dan keluarga
3.2.6     Manajemen ibu intranatal
Diskusi
Seminar
Tim
8
16

2 x 60 Menit

3.3     Asuhan Ibu Post partum dirumah
3.3.1        Jadwal kunjungan di rumah
3.3.2        Manajemen ibu post partum
3.3.3        Post partum group
3.4     Asuhan Bayi Baru Lahir dan Neonatus
3.4.1        Jadwal kunjungan di rumah
3.4.2        Manajemen Pada Bayi Baru lahir dan Neonatus
Diskusi
Seminar
Tanya Jawab
Tim
9
UJIAN MID SEMESTER
10
17-18

2 x 60 Menit

3.5     Pelayanan Kesehatan Bayi dan Balita
3.5.1        Perawatan Kesehatan Bayi
3.5.2        Perawatan Kesehatan Anak Balita
3.5.3        Pemantauan Tumbuh Kembang bayi dan balita
3.5.4        Deteksi Dini masa Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi baru lahir, bayi dan balita
3.5.5        Imunisasi

Problem Based Learning
Ceramah
Tanya Jawab
Tim
11
19

2 x 60 Menit

3.6     Pertolongan Pertama Kegawatdaruratan Obstetrik dan Neonatus (PPGDON) di Komunitas
Diskusi
Tanya Jawab
Tim
12
20

2 x 60 Menit

3.7 Pelayanan Kontrasepsi dan Rujukan
3.8  Sistem Rujukan
3.8.1     Tujuan
3.8.2     Jenis
3.8.3     Jenjang Tingkat Tempat Rujukan
3.8.4     Jalur Rujukan
3.8.5     Mekanisme Rujukan
Diskusi
Ceramah
Problem Based Learning

Tim
13
21-25

2 x 60 Menit

4.1      PWS KIA
4.1.1       Prinsip
4.1.2       Batasan dan Indikator Pemantauan
4.1.3       Pengumpulan, Pencatatan dan pengolahan data dan PWS
a.    Data dasar
b.   Data lainnya
c.    Data sasaran
4.1.4     Analisis, Penelusuran Data Kohort dan Perencanaan Tindak Lanjut
4.1.5     Pelembagaan PWS KIA
4.1.6     Pelaksanaan dan Pelaporan PWS KIA
Ceramah
Problem Based Learning
Tutorial

Tim
14
26-28


2 x 60 Menit

4.2      PEMBINAAN KADER
4.2.1     Pemberitahuan ibu hamil untuk SALIN di NAKES (promosi bidan SIAGA)
4.2.2     Pengenalan tanda bahaya kehamilan, persalinan dan nifas serta rujukannya
4.2.3     Penyuluhan gizi dan KB
4.2.4     Pencatatan kelahiran dan kematian ibu/bayi
4.2.5     Promosi TABULIN, donor darah berajalan dan ambulance desa, suami SIAGA, berperan aktif dalam kegiatan SATGAS GSI
4.3      PEMBINAAN DUKUN BAYI
4.2.1     Tujuan Pembinaan
4.2.2     Peran Dukun Bayi
a.       Dalam Pengenalan Tanda Bahaya Kehamilan, Persalinan, BBL, Nifas dan Rujukan
b.      Penyuluhan Imunisasi, ASI, gizi, Personal Hygiene dan KB
c.       Pencatatan dan Pelaporan kelahiran dan kematian bayi/ibu
Diskusi
Tanya Jawab









Tim
15
29

2 x 60 Menit

4.4      PELAYANAN KESEHATAN PADA WANITA SEPANJANG DAUR KEHIDUPANNYA
4.4.1     Skrining
4.4.2     Deteksi dini
4.5      MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT (MTBS)
Diskusi
Tanya Jawab
Tim
16
30-32

2 x 60 Menit

KOHORT IBU DAN BALITA
5.1 Kohort Ibu
5.2 Kohort Balita
PENDOKUMENTASIAN
6.1 Pencatatan dan Pelaporan (Flow Sheet dan Check List, Dokumentasi)
6.2 Pengelolaan Pencatatan dan Pelaporan
Diskusi
Ceramah
Tanya jawab
Problem Based Learning
Tim
17
UJIAN SEMESTER




Artikel Terkait