SILABUS PRAKTEK


1.Indentitas Mata kuliah
Nama Mata Kuliah : Kesehatan Reproduksi dan Keluarga Berencana
Kode : Bd.205
Beban / Jumlah SKS : 4 SKS (T: 2 ; P : 2 )
Penempatan : Semester IV
Prasyarat : lulus mata kuliah Biologi Perkembangan dan KDK, Asuhan kebidanan kehamilan, Asuhan kebidanan persalinan dan bayi baru lahir, Asuhan kebidanan nifas serta asuhan kebidanan neonatus, bayi, balita, dan anak pra sekolah
Deskripsi Mata Kuliah : Mata Kuliah ini memberi kesempatan mahasiswa untuk memahami konsep,hak-hak kesehatan reproduksi, faktor yang mempengaruhi kesehatan reproduksi upaya pencegahan dan deteksi dini serta mamberikan asuhan keluarga berencana.
Standart Kompetensi Lulusan : Mampu merencanakan asuhan kebidanan secara efektif, aman dan holistik dengan memperhatikan aspek budaya terhadap kesehatan reproduksi dan keluarga berencana.
Standart Kompetensi : Merencanakan asuhan kesehatan reproduksi
wanita dan asuhan keluarga berencana
Kompetensi Dasar : Mahasiswa mampu :
1.     Menganalisis Konsep Kesehatan Reproduksi
2.     Menganalisis Konsep Gender dalam Kesehatan Reproduksi Perempuan
3.     Menganalisis Isu-Isu kesehatan Perempuan
4.     Menganalisis masalah-masalah kesehatan reprosuksi yang sering terjadi pada siklus reproduksi perempuan
5.     Melaksanakan deteksi dini gangguan kesehatan reproduksi
6.     Menerapkan asuhan kebidanan pada perempuan yang berkaitan dengan sistem reproduksi dalam perspektif gender
7.     Menganalisis konsep pelayanan Keluarga Berencana
8.     Merencanakan asuhan kebidanan pada keluarga berencana
Materi :
1.     Konsep Kesehatan Reproduksi
2.     Konsep Gender dalam Kesehatan Reproduksi Perempuan
3.     Isu-Isu kesehatan Perempuan
4.     Masalah-masalah kesehatan reprosuksi yang sering terjadi pada siklus reproduksi perempuan
5.     Meteksi dini gangguan kesehatan reproduksi
6.     Asuhan kebidanan pada perempuan yang berkaitan dengan sistem reproduksi dalam perspektif gender
7.     Konsep pelayanan Keluarga Berencana
8.     Asuhan kebidanan pada keluarga berencana


Metode Pembelajaran : Menggunakan Problem Based learning,Tutorial,Ceramah,
Diskusi,Demonstrasi,Role Play, dan
Praktikum.

Penilaian :
1.     UTS = 30 %
2.     UAS = 50 %
3.     TUGAS = 20 %
Sumber Kepustakaan :
1.     Glasier anna,2006,Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi,EGC Jakarta
2.     Eny Kusmiran,2011,Kesehatan Reproduksi Remaja dan Wanita, Salemba Medika,Jakarta
3.     Dyah Noviawati Setya arum dkk,2008,Panduan lengkap KB Terkini,Mitra Cendikia,YogYakarta
4.     Yani Widyastuti dkk,2009,Kesehatan reproduksi,Fitramaya,Yogyakarta
5.     Niken Melani dkk,2010, Pelayanan Kelurga Berencana,Fitramaya,Yogyakarta
6.     Suyanto,perdagangan anak perempuan,kekerasan Seksual dan Gagasan kebijakan, Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM, Ford Foundation, Yogyakarta, 2002
7.     Ana Nadhya Abrar, Wini Tamtiari, Konstruksi seksualita,Antara Hak dan Kekuasaan, pusat Penelitian UGM, Yogyakarta 2001
8.     Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, Menteri Dasar Promosi Menyiapkan Ibu Sehat, Melahirkan bayi Sehat, Jakarta, 2004
9.     Pedoman Pemantauan dan Penyeliaan Program Kesehatan ibu dan Bayi baru Lahir
10.                   Kartono muhammad, Kontradiksi dalam kesehatan Reproduksi , Pustaka Sinar Harapan Berkerjasama dengan PT Citra Putra Bangsa dan The Ford Foundation ,Jakarta 1998
11.                   Mary Nolan, Kehamilan dan Melahirkan, Arcan, Jakarta ,2003
12.                   Meiwita Budiharsana Sarimawar, Membangun Sumber Daya Perempuan, Membangun kehidupan Prosiding Seminar Nasional, Jakarta, 2001
13.                   Sri Hadi P, Heru Santoso, Sketsa Kesehatan Reproduksi perempuan Desa, yayasan Pengembangan Pedesaan bekerjasama dengan The Ford Foundation, Jakarta,2001.
14.                   Zohra Andi Baso, Judi Raharjo, Kesehatan Reproduksi, Panduan Bagi Perempuan, pustaka Pelajar, Yogyakarta,1999.













SILABUS
Pertemuan
Ke
Hari/tgl
Waktu / Menit

Materi Pokok
Metode
Pengajar
1-4 (P)

P= 4 x 60 menit
Deteksi Dini Gangguan Kesehatan Reproduksi:
1.     Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI)
Ceramah
Demonstrasi
Praktek

5-8 (P)

P= 4 x 60 menit
2.     Pap Smear/ IVA

Ceramah
Demonstrasi
Praktek

9-16 (P)

P= 8 x 60 menit
Asuhan Kebidanan pada Keluarga Berencana :
1.Metode Sederhana
-Metode Kalender
-Metode Kontrasepsi suhu Basal tubuh
Ceramah
Demonstrasi
Praktek


17-24 (P)

P= 8 x 60 menit
-Metode Lendir serviks
-Metode Simptotermal
Ceramah
Demonstrasi
Praktek

25-32 (P)

P= 8 x 60 menit
-Coitus interuptus
-Kondom Pria
2.Metode Modern
Ceramah
Demonstrasi
Praktek

Mid Semester
33-48 (P)

P= 16 x 60 menit
-Oral Kontrasepsi (Pil )
-Kontrasepsi suntik
-Kontrasepsi Implant
-Kontrasepsi AKDR (IUD)
Ceramah
Demonstrasi
Praktek

59-52 (P)

P= 4 x 60 menit
3.Sterilisasi
-Vasektomi
-Tubektomi
Ceramah
Demonstrasi
Praktek

53-57 (P)

P= 5 x 60 menit
Konseling dalam Metode Kontrasepsi
Ceramah
Demonstrasi
Praktek

58-64 (P)

P= 7 x 60 menit
Pendokumentasian asuhan Keluarga Berencana
Ceramah
Demonstrasi
Praktek

Uian Akhir Semester


Postingan terkait: