Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Silabus Konsep Kebidanan


A.    Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah : Konsep Kebidanan
Kode Mata Kuliah : BD 401
Beban Studi : 4 SKS (T = 2, P = 2)
Penempatan : Semester I
Jumlah Minggu : 16 Minggu
Nama Tim Dosen :

B.     Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini memberikan kesempatan belajar mahasiswa dalam merancang pembentukan karakter diri sebagai bidan yang handal, berwibawa, bertanggung jawab dalam memberikan asuhan kebidanan sesuai dengan filosofi kebidanan yang berfokus pada pemberdayaan perempuan.
C.    Standar Kompetensi Lulusan
Mampu mengkategorisasikan prilaku profesional, beretika dan bermoral serta tanggap terhadap nilai sosial budaya dalam praktek kebidanan dengan berpedoman pada standar profesi, kode etik kebidanan dan Undang-Undang/Peraturan yang berlaku.
D.    Standar Kompetensi
Mahasiswa mampu merancang pembentukan diri menjadi bidan profesional sesuai dengan filosofi bidan.
E.     Kompetensi Dasar
1. Menganalisis pengertian, filosofi dan defenisi bidan
2.      Menganalisis perkembangan profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional
3.      Menerapkan paradigma asuhan kebidanan
4.      Menerapkan peran fungsi bidan
5.      Menganalisis standar profesi bidan
6.      Merancang teori dan model konseptual asuhan kebidanan
7.      Mengkategorisasikan managemen kebidanan
8.      Menganalisis sistem penghargaan bagi bidan
9.      Menganalisis prinsip pengembangan karir bidan
10.  Memproduksi usaha jasa pelayanan dan praktik kebidanan secara mandiri maupun berkesinambungan
11.  Menerapkan model asuhan kebidanan
12.Menerapkan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
F. Materi
1.Pengertian, Filosofi kebidanan dan defenisi bidan serta Ruang Lingkup Asuhan Kebidanan
2.Sejarah Kebidanan : profesi, pelayanan, pendidikan
3.Paradigma asuhan kebidanan
4.Peran fungsi bidan
5.Standar profesi bidan
6.Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
7.Bidan dalam sistem pelayanan kesehatan
8.Manajemen kebidanan
9.Model asuhan pelayanan kebidanan di Indonesia dan luar negeri
10.Reflektif practice
11.Pengembangan profesi dan karir bidan
12.Pemasaran sosial jasa pelayanan kebidanan

E.Metode Pembelajaran
Menggunakan Problem Based Learning, Tutorial, Diskusi, Ceramah, Praktikum, Role Play

F.Evaluasi
Teori : 50 %
1.UTS : 20 %
2.UAS : 20 %
3.Penugasan: 10 %
Praktek : 50 %
1.           Ujian Praktek : 30 %
2.           Penugasan : 20 %
12.  Buku Sumber
1.      Bryan, R (1995), Teori for Midwifery Practice, Edisi 1, Mc. Millan, Haundmillow
2.      Enkin. K, et.al ( 2000 ). A Guide to Effective care in Pregnancy, Childbirth and arly Parenting. Oxford: University Press
3.      Kroll, D.L ( 1996 ). Midwifery care for the future, Edisi 1. Bailliere Tindall, London.
4.      Pyne, RH (1992), Profesional Disiplin in Nursing, Midwifery and Health Visiting, Edisi 2, Black Well Scientifik, Publication London.
5.      Vaeney, H (1997), Varney’s Midwifery. Jones Bartlett Publisher, Sudbury, Massachussets, USA Seller, P, Mc ( 1993 ) Midwifery, Vol. 1 – 2, Edisi I. Juta and Co Ltd, Cape
6.      Konsep Kebidanan, Depkes RI.
7.      50 Tahun IBI
8.      Asri Hidayat ( 2009 ) Konsep Kebidanan, Mitra Centika, Yogyakarta
9.      Suryani Soepardan ( 2008 ) Konsep Kebidanan, EGC
10.  Christine Henderson ( 2006 ) Buku Konsep Kebidanan, EGC
RINCIAN KEGIATAN

No
Pertemuan Ke

Hari/Tgl
Materi Pokok
Metode
Pengajar
1.
1-2 (T)
1-3 (P)

1.1. Pengertian filosofi dan defenisi bidan
1.1.1. Defenisi bidan
1.1.2. Filosofi bidan
1.1.3. Falsafah asuhan kebidanan
1.1.4. Pelayanan kebidanan
1.1.5. Praktek kebidanan
1.1.6. Ruang lingkup asuhan kebidanan

Ceramah
Tutorial

2
3-4 (T)
4-5 (P)


2.1. Perkembangan sejarah profesi, pelayanan dan pendidikan bidan secara nasional dan internasional
2.1.1. Perkembangan sejarah profesi, pelayanan, pendidikan bidan di luar negeri
2.1.2. Perkembangan sejarah profesi, pelayanan, pendidikan bidan di dalam negeri

Ceramah
Tutorial
PBL

3.
5-8 (T)
9-16 (P)

3.1. Paradigma asuham kebidanan
3.1.1. Pengertian paradigma
3.1.2. Komponen paradigma asuhan kebidanan
- Manusia
- Lingkungan
- Kesehatan
- Kebidanan
3.1.3. Pardigma sehat
3.1.4. Macam – macam asuhan kebidanan
3.1.5. Manfaat paradigma dikaitkan dengan asuhan kebidanan

Ceramah
Tutorial
PBL

4.
9 (T)
17-19 (P)

4.1. Peran fungsi bidan
4.1.1.Peran bidan
4.1.2. Fungsi dan tugas bidan
4.1.3. Kompetensi bidan di Indonesia

Ceramah
Role play
Tutorial

5.
10-12 (T)
20-23 (P)

5.1.Standar profesi bidan
5.1.1. Pengertian standar
5.1.2. Macam standar profesi kebidanan
5.1.3. Ruang lingkup standar praktek kebidanan
5.1.4. Lahan praktik pelayanan kebidanan
5.1.5. Bidan suatu jabatan fungsional

Ceramah
Tutorial
PBL

6.
13-16 (T)
24-30 (P)

6.1. Teori dan model konseptual asuhan kebidanan
6.1.1. Pengertian konseptual model asuhan kebidanan
6.1.2. Model asuhan pelayanan kebidanan di Indonesia dan luar negeri
1. Teori Reva Rubin
2. Teori Ramona T Mercer
3. Teori Ela Joy Lerhman
4. Teori Ernestin
5. Teori Jean Ball

Ceramah
Tutorial
PBL








UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)


7.
17-21(T)
31-40 (P)

7.1. Manajemen asuhan kebidanan
7.1.1. Pengertian manajemen asuhan kebidanan
7.1.2. Tujuan manajemen asuhan kebidanan
7.1.3. Prinsip – prinsip proses manajemen asuhan kebidanan
7.1.4. Langkah – langkah manajemen asuhan kebidanan

Ceramah
Tutorial
PBL

8.
22-23(T)
41-43 (P)

8.1. Sistem penghargaan bagi bidan
8.1.1. Pemberian penghargaan bagi bidan
8.1.2. Pemberian sanksi bagi bidan

Ceramah
Tutorial
PBL

9.
24-26(T)
46-49(P)

9.1. Prinsip penghargaan karir bidan
9.1.1. Visi dan Misi pendidikan berkelanjutan
9.1.2. Sasaran dan tujuan pendidikan berkelanjutan
9.1.3. Jenis dan karakteristik pendidikan berkelanjutan

Ceramah
Tutorial
PBL

10.
27-29 (T)
46-49 (P)

10.1.  Usaha jasa pelayanan dan prktik kebidanan secara mandiri maupun berkesinambungan
10.1.1.         Pengertian pemasaran jasa bidan
10.1.2.      Karakteristik pemasaran jasa dalam pelayanan kebidanan
10.1.3.      Peran pemasaran dalam pelayanan kebidanan
10.1.4.      Proses pemasaran pelayanan kebidanan

Ceramah
Tutorial
PBL

11.
30 (T)
50-52 (P)

11.1. Merapkan model asuhan kebidanan
11.1.1. Teori Reva Rubin
11.1.2. Teori Ramona T Mercer
11.1.3. Teori Ela Joy Lerhman
11.1.4. Teori Ernestin
11.1.5. Teori Jean Ball

Ceramah
Tutorial
PBL
Diskusi

12.
31-32(T)
53-64 (P)

12.1. Menerapan konsep kebidanan sebagai dasar dalam praktik kebidanan
12.1.1. Hamil
12.1.2. Bersalin
12.1.3. Nifas
12.1.4. BBL
12.1.5. Tumbuh kembang

Ceramah
Tutorial
PBL
Diskusi







Koordinator mata kuliah




(...............................)