Tuesday, April 14, 2015

LANGKAH-LANGKAH MENYUSUI YANG BENAR



1. Cuci tangan yang bersih dengan sabun, perah sedikit ASI dan oleskan di sekitar puting, lalu duduk ataupun berbaring dengan santai.
2. Bayi diletakkan menghadap ke ibu dengan posisi sanggah seluruh tubuh bayi, jangan hanya leher dan bahunya karena akan membuat bayi kurang nyaman. Kepala dan tubuh bayi lurus, hadapkan bayi ke dada ibu sehingga hidung bayi berhadapan dengan puting payudara. Setelah itu, dekatkan badan bayi ke badan ibu, menyentuh bibir bayi ke puting payudaranya, dan menunggu sampai mulut bayi terbuka lebar.
3. Segera dekatakan bayi ke payudara sehingga bibir bawah bayi terletak di bawah puting payudara.
4. Ketika menyusui, sentuh bibir bayi dengan ujung puting hingga bayi membuka mulutnya. Biarkan ia membuka mulutnya sendiri hingga sampai bagian besar areola. Gerakan rahang dan bunyi tegukan memastikan ia menyusui dalam posisi yang betul.
5. Cara melekatkan mulut bayi dengan benar, yaitu dagu menempel pada payudara ibu, mulut bayi terbuka lebar, dan bibir bawah bayi membuka lebar.
6. Jika bayi ingin beralih payudara, alihkan bayi pada satu payudara sehingga ia berhenti menghisap. Cara melepasakannya yang sedang menyusu adalah dengan memasukkan jari kelingking ibu yang bersih ke sudut mulut bayi dengan perlahan- lahan, atau tekan dagu bayi ke bawah dengan lembut. Angkat bayi, sendawakan dirinya dan mengalihkan ke payudara sebelah. Setelah itu teruskan menyusui yang berikutnya.
7. Selepas menyusui, masukkan ujung jari kelingking ibu di ujung mulut bayi untuk menghentikan isapan.
8. Sendawakan bayi setiap kali selesai menyusui. Menyendawakan dirinya diperlukan untuk mengeluarkan udara dari lambung bayi agar tidak muntah karena kemungkinan ia akan muntah sehabis menyusui.(15)

Artikel Terkait