Tuesday, April 14, 2015

JENIS-JENIS POSISI MENYUSUI

   

Posisi Menyusui
Posisi yang nyaman untuk menyusui sangat penting. Lecet pada puting susu dan payudara merupakan kondisi tidak normal dalam menyusui, tetapi penyebab lecet yang paling umum adalah posisi dan perlekatan yang tidak benar pada payudara. (14)
1.      Cradle Hold
Posisi yang paling umum adalah menggunakan cradle hold. Hal ini bila ibu duduk dengan bayi dalam putaran dan kepala bayi adalah beristirahat di lengan, membengkok kearah ibu (ibu menekuk siku) pada sisi yang sama ibu menyusui. Dada bayi harus melawan dada ibu sehingga bayi tidak harus memutar kepalanya untuk meraih puting susu.
2.      Cross- Cradle Hold
Posisi ini mirip dengan cradle tapi, bayi didukung pada lengan dan tangan yang berlawanan payudara yang ibu gunakan. Kepala bayi terletak antara ibu jari dan jari telunjuk dan kembali berada di tangan ibu, hal ini merupakan posisi yang baik ketika bayi pertama kali belajar untuk menyusui karena akan memberi kontrol kepala bayi sewaktu membantu bayi mengambil payudara dalam mulutnya. Ini adalah posisi yang baik untuk bayi karena mengalami kesulitan untuk belajar melepas puting dengan benar.
3.      Football Hold
Memegang kepala bayi seperti memegang bola di tangan, dengan tubuh bayi pada lengan, kaki kembali ke arah ibu dan wajah ke arah payudara. Gunakan tangan yang lain untuk mendukung payudara. Fotball hold membantu jika ibu memiliki dada atau puting yang masuk kedalam payudara. Posisi ini merupakan posisi yang terbaik jika memiliki luka cesarean ceksio dan tidak dapat meletakkan bayi di perut. Hal ini juga posisi yang baik untuk perawatan bayi kembar.
4.      Lying Down
Posisi ini sangat tepat untuk menyusui pada waktu malam, karena pada posisi ini ibu berbaring di samping bayi, ibu langsung menghadap bayi dengan kepala bayi di dekat payudara dan mulut bayi berkerut dengan puting ibu. Posisi ini adalah posisi untuk beristirahat ibu karena ibu dapat mengubah posisi, bayi dapat menyusu dari kedua payudara sambil berbaring di salah satu sisinya. Ini juga posisi yang baik jika ibu memiliki cesarean cekcio dan tidak dapat meletakkan bayi di perut.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon