Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH SOAL KB DAN JAWABAN

1.      Seorang perempuan, usia 35 tahuan sudah memilki 2 orang anak, 3 tahun dan 1 tahun, datang ke puskesmas untuk ber KB. Hasil pengkajian pasien belum pernah ber KB. Pada dokumentasi bidan menggaris bawahi usia pasien. Apakah alasan bidan menganggap usia penting diperhatikan pada kasus tersebut?
a.       Usia 35 tahaun batas resiko
b.      Pasien terlambat ber KB
c.       Pasien belum pernah ber KB
d.      Karena pasien sudah memiliki 2 anak
e.       Untuk penentuan alternatife KB yang dipilih

2.      Seorang perempuan berusia 26 tahun datang ke BPM. Ingin menggunakan kontrasepsi jangka panjang AKDR untuk tidak memiliki anak lagi. Hasil pemeriksaan planotes (-) dan sedang haid hari ke 3. Apakah tindakan awal dilakukan bidan tersebut?
a.       Melakukan pemasangan AKDR
b.      Memberkan inform consent
c.       Member konseling KB AKDR
d.      Mepersiapkan peralatan AKDR
e.       Memberikan inform choice kontrasepsi lainnya

3.      Bidan datang ke rumah seseorang perempuan berusia 35 tahun. Keluhan 1 bulan post partum anak ke 4 dan ingin menghentikan kehamilannya dengan menggunakan alat kontrasepsi. Dari hasil pemeriksaan TD 110/80 mmHg, N 70 x/menit, RR 6 x/menit, perdarahan post partum (-). Apakah alat kontrasepsi yang sebaiknya disarankan untuk perempuan tersebut?
a.       Metode kontrasepsi sederhana tanpa alat
b.      Kontrasepsi sederhana dengan alat
c.       Kontrasepsi hormonal
d.      Kontrasepsi non hormonal
e.       Kontrasepsi mantap

4.      Seoarang perempuan umur 29 tahun datang ke BPM. Keluhan melahirkan 40 hari yang lalu, anak pertama, sedang menyusui dan belum mau melakukan hubungan intim karena takut hamil. Dari hasil pemeriksaan TD 110/70 mmHg, N 80 x/menit, RR 24 x/menit, suhu 36,50C. Apa pil kemasan isi 28 yang diberikan bidan untuk kasus tersebut?
a.      75 norgestrel
b.      00 norgestrel
c.       200 norgestrel
d.      300 norgestrel
e.       350 norgestrel

5.      Seorang perempuan usia 28 tahun datang ke klinik bersalin. Keluhan telah memakai pil kombinasi selama 1 tahun, sekarang mengalami bercak-bercak perdarahan di luar haid. Dari hasil pemeriksaan TTV normal, muka berjerawat dan BB meningkat 15 kg. Apakah masalah gangguan haid pada kasus di atas?
a.       Menoragia
b.      Metroragia
c.       Polimenorhea
d.      Oligomenorhea
e.       hipermenorhea

6.      Seorang perempuan usia 26 tahun datang ke klinik bersalin, keluhan telah melahirkan 6 bulan yang lalu, belum KB, ingin memakai alat kontrasepsi dan sedang menyusui. Hasil pemeriksaan TD 120/70 mmHg, planotest (-) dan masa pemberian ASI eksklusif. Apakah tindakan yang paling utama dilakuakn bidan pada perempuan tersebut?
a.       Pemeriksaan fisik pada klien
b.      Pemberian alat kontrasepsi pada klien
c.       Lakukan konseling KB pada klien
d.      Memberikan informed choice pada klien
e.       Memberikan inform consent pada klien

7.      Bidan datang ke rumah seorang perempuan berusia 27 tahun, telah melahirkan anak ke 5 dua bulan yang lalu. Dengan keluhan ingin menghentikan kehamilannya, sedang menyusui, dan ingin memakai KB. Hasil pemeriksaan terdapat varices berat pada tungkai, TD 50/100 mmHg dan pernah terkena penyakit stroke. Apa yang digunakan untuk klien tersebut dengan metoge kontrasepsi maksimal?
a.       8 tahun
b.      5 tahun
c.       3 tahun
d.      7 tahun
e.       2 tahun
f.        
8.      Seoarang perempuan usia 23 tahun, menikah 1 bulan yang lalu datang ke klinik bersalin. Denagn keluahn belum ingin memiliki anak, suamia bekerja diluar kota dan akan menggunakan KB kondom. Dari hasil anamnesa suami mempunyai riwayat ejakulasi dini. Apakah efek samping utama pada penggunaan KB tersebut?
a.       Ekspulsi
b.      Keputihan
c.       Reaksi alergi
d.      Infeksi saluran uretra
e.       Timbul cairan vagina yang berbau
9.      Seorang ibu umur 25 tahun memiliki anak 1 dengan usia 6 bulan, datang ke klinik menyatakan belum ingin mempunyai anak lagi, dan ingin menggunakan kontrasepsi implant. Hasil pemeriksaan dalam batas normal, saat ini sedang haid hari kedua. Apakah isi kandungan dari alat kontrasepsi pada kasus diatas?
a.       36 levonorgestrel
b.      75 levonorgestrel
c.       36 levonorgestrel + 3 keto-desogestrel
d.      68 levonorgestrel + 3 keto-desogestrel
e.       75 levonorgestrel + 36 keto-desogestrel
10.  Seorang ibu usia 27 tahun melahirkan anak kedua berusia 2 bulan, masih menyususi dan belum mendapatkan haid. Datang ke bidan dengan maksud ingin ber KB yang tidak mengganggu kelancaran ASI, hasil pemeriksaan TTV normal. Apakah konseling jenis kontrasepsi yang tepat diberikan bidan pada kasusu tersebut?
a.       Kontap
b.      Implant
c.       Suntikan
d.      Pil kombinasi
e.       Mal sampai bayi berusia 6 bulan